Mohon tunggu...
Kelompok 5
Kelompok 5 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UM

KKN PULKAM UM 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Upaya Mahasiswa KKN UM Mojokerto dalam Memperkenalkan Keindahan Alam dan Potensi Desa Kalikatir Melalui Video Profil Desa

30 Juli 2021   08:12 Diperbarui: 30 Juli 2021   11:03 27 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Mahasiswa KKN UM Mojokerto dalam Memperkenalkan Keindahan Alam dan Potensi Desa Kalikatir Melalui Video Profil Desa
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Desa Kalikatir merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Potensi yang dimiliki oleh desa Kalikatir sangat beragam, mulai dari sektor pertanian, sektor perkebunan, hingga sektor peternakan. Namun potensi yang lebih dominan berada di sektor pertanian. Sektor ini mendominasi dibandingkan dengan sektor lainnya karena keunggulan Desa Kalikatir adalah komoditas tanaman pangan seperti padi, jagung, ketela, dan ubi kayu.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, masyarakat dengan mudah memperoleh berbagai informasi melalui media sosial. Namun penggunaan media sosial belum dilakukan secara optimal oleh masyarakat Desa Kalikatir dalam mempromosikan desanya. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat luar yang kurang mengetahui berbagai keindahan alam dan potensi yang terdapat di Desa Kalikatir.

Upaya mahasiwa KKN Universitas Negeri Malang untuk memperkenalkan keindahan alam dan potensi Desa Kalikatir dilakukan dengan cara membuat video profil desa. Proses pengambilan video dilakukan pada hari Minggu, 11 Juli 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Gambar ataupun video yang diambil untuk keperluan pembuatan video profil desa diantaranya kegiatan penduduk, suasana desa, fasilitas umum, dan lain sebagainya. Tahap selanjutnya adalah tahapan editing, yaitu menyusun potongan-potongan video sesuai dengan naskah yang telah dibuat agar dapat menyampaikan informasi secara utuh.

Kegiatan penyerahan video profil desa berupa CD dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Juli 2021 di aula lantai 2 Balai Desa Kalikatir. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang dan Kepala Desa Kalikatir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Penyerahan CD video profil desa kepada Kepala Desa Kalikatir dilakukan sebagai simbolis bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan. Kepala desa menyambut dan menerima CD video profil desa dengan baik.

Selain dalam bentuk CD, video profil desa juga diunggah ke channel YouTube "KKNUM -- KALIKATIR". Setelah selesai mengunggah, seluruh mahasiswa KKN membantu menyebarkan tautan YouTube di media sosialnya dan di grup ibu-ibu PKK Desa Kalikatir. Tujuannya adalah agar video tersebut dapat dilihat oleh masyarakat secara luas. Adanya kegiatan pembuatan video profil desa diharapkan mampu mengenalkan Desa Kalikatir kepada masyarakat secara luas mengenai keindahan alam dan potensi yang terdapat di Desa Kalikatir.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN