Mohon tunggu...
Mayfa Raihana
Mayfa Raihana Mohon Tunggu... -

mahasiswi psikolgi

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Tips Wawancara Kerja

21 Mei 2014   02:03 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:18 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Wawancara kerja menjadi alat penilaian atas perekrut/rekruter yang digunakan untuk mencari calon pelamar kerja. Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk wawancara kerja akan membuat atau merusak kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian anda.

Saya akan memberikan sedikit tips yang saya dapat dari hasil wawancara saya dengan Dra. Lydia Indira Mpsi dan Drs. Widura I.M Msi, keduanya merupakan dosen Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya Jakarta, yang juga memiliki profesi sebagai pewawancara kerja atau rekrutor.

Dari hasil wawancara dengan Dra. Lydia Indira Mpsi dan Drs. Widura I.M Msi saya menyimpulkan beberapa hal yang diperlukan untuk berhasil dalam wawancara kerja. Selaian dari kriteria yang diberikan perusahaan, orang yang berhasil diterima bekerja adalah orang yang siap bekerja, orang yang siap bekerja dilihat dari kerapihan berpakaian, karena kerapian berpakaian mencerminkan kepribadian seseorang. Percaya diri, ketika seseorang memiliki rasa percaya diri yang baik maka ketika berbicara akan membuat kontak mata dengan lawan bicaranya, orang yang percaya diri juga tahu apa yang dibicarakannya, dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Gestur atau gerak tubuh hanya mendukung dari setiap perkataan atau tindakan yang anda lakukan. Contohnya ketika anda gugup anda akan melakukan hal yang diulang-ulang, seperti berjalan mondar-mandir, berbicara berulang-ulang, atau memainkan pulpen. Orang yang dalam kondisi gugup akan berjalan denagn langkah pendek, dan menutup diri (menyempitkan tubuh). Maka sebelum anda masuk ke ruang wawancara coba tenangkan diri anda terlebih dahulu.

tips terkait apa yang perlu dilakukan dan yang tidak perlu dilakukan ketika menghadapi wawancara kerja berikut tipsnya semoga bermanfaat :

Yang perlu dilakukan sebelum wawancara kerja :

-Pelajari tentang perusahaan tersebut

-Mempunyai tempat atau jabatan yang ingin diisi

-Meninjau kualifikasi anda untuk pekerjaan atau jabatan tersebut

-Berpakaian dengan rapi

-Mampu menceritakan pengalam bekerja sebelumnya

Yang dilakukan ketika wawancara kerja :

·Senyum

·Percaya pada diri anda

·Jangan gugup atau gelisah

·Sering membuat kontak mata

·Gunakan bahasa yang mudah dipahami

·Hindari mengulang-ulang kata

Beberapa kesalahan nonverbal yang biasa terjadi ketika wawancara :

1.Gagal untuk membuat kontak mata

2.Menyilangkan tangan di dada

3.Memiliki sedikit pengetahuan tentang perusahaan

4.Tidak tersenyum

5.Terlalu gelisah / gugup

6.Kurang menunjukan antusias atau keinginan bekerja

7.Terlalu berlebihan dalam menjelasakan kenapa kehilangan pekerjaan sebelumnya

Sekian artikel ini saya ketik, maaf jika banyak kesalahan dan semoga bermanfaat.

Sumber :

Dra. Lydia Indira Mpsi dosen Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya

Drs. Widura I.M Msi dosen Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya


Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun