Mohon tunggu...
Maya Putri
Maya Putri Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Sosiologi UI 2015

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Syukur

29 Juli 2015   21:40 Diperbarui: 11 Agustus 2015   22:41 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Sejuta sujud pun rasanya gak cukup. Sama kayak gak akan ada pisau yang cukup tajam buat ngegambarin rasa sakitnya tertikam di bidang akademik. Gak cukup juga buat ngeganti seberapa banyak air mata yang udah gue keluarin buat penantian.. buat cari pekerjaan yang bahkan sampai detik ini gak pernah gue dapet. Juga buat mengubur malu, gue gak pernah merasa segagal ini. Buat ngeganti berapa banyak uang yang terbuang selama masa pelarian, mengelabui tetangga yang cuma tau kalo gue mahasiswa. mengelabui tetangga yang cuma tau kalo gue layak diteladani. mbak, mas, tante.... saya ini rapuh,saya moody,saya juga suka berbohong,saya lemot,gak bisa berhitung, dan sulit mencerna omongan orang lain dengan segera kayak orang lain, gue seorang pelupa akut. intinya saya bego. buat ngeganti berapa malunya orang tua gue, anaknya cuma satu tapi gak bisa ngapa ngapain...

Buat ngeganti semuanya jadi lebih baik pun gue males. Belajar seminim mungkin dan dengan belagu nya beranjak agnostik. gue ini siapa? gue cari Tuhan, tanpa tau kalo Tuhan udah kebangetan baik sama gue. gak sholat, skeptis sombong... gak ada sadarnya malah leha leha. ikut ujian tinggal ikut, cuma modal nangis sebelum ujian.

Gue cuma bisa minder

kerjain seinget gue, sisa ilmu setahun yang lalu. mungkin kalo gue kayak anak anak orang gue bakal termotivasi buat gigih, buat gak ngulangin semua kesalahan, gue bisa survive dengan berjuang mendapatkan tempat baru! nyatanya enggak. entah kenapa gue terlahir begitu batu buat sekedar meresapi nasihat atau kalimat kalimat motivasi kuno yang sering beredar di sosial media dan berakhir cuma dengan klik share tanpa gue baca lagi. Gue cuma bisa sadar 1 jam, lalu balik lagi jadi jahiliyah. Sama kayak jatuh cinta ke Apoy, moveon se jam lalu jatuh cinta lagi begitu ngeliat namanya nongol di barisan list chat.

Nunggu pengumuman? Emang nya gue pantes nunggu? nunggu itu cuma pantes dilakukan sama orang yang berusaha. lah gue kan cuma bisa meratap. nangis sebelum masuk ruang ujian dan mengutuk Tuhan di hari hari sebelumnya. Dasar Tuhan ga ada kerjaan, gue disuruh dua kali usaha bareng sama adek adek kelas. Ngasih harapan palsu ke orang tua, ma maya bisa loh masuk ke universitas terbaik di Indonesia. NGACA! Yang bimbel berdarah darah aja gak bisa, apalagi gue kan cuma modal bacot, sekedar ngasih khayalan ke orang tua kalo gue akan segera bisa dibanggakan lagi.

entah kenapa Allah kok baik ya? di tangggal 9 itu gue lolos di tempat yang sama seperti apa yang gue dapatkan setahun yang lalu. Gue ini abis bikin pahala apa ya? gue udah menzalimi Tuhan kok, tapi kok masih dibaikin ya. kok Tuhan gak punya rasa kesel ama gue?

Sujud seribu pun gak cukup

Sama kayak Universitas yang udah gue dapet itu, belum cukup bikin emak gue yang suka asal dalam sikat gigi itu nyengir. lah otak gue kan segini doang -__- syukur masih dikasih kuliah di PTN. usaha minim kok masih mau banyak. sebenernya sih gue masih punya keinginan buat bikin gigi emak gue kering dengan nyengir bareng gue. gue kan gak semangat kalo harus ketawa cuma bareng sepatu hijau tosca baru yang gue sayang banget itu, cuma 85.000 dapet sepatu super kece. walaupun temen temen rame ngasih congrats lah, ngomong termotivasi lah... Padahal gue ini jauh di bawah kaki mereka yang memuji... yang semuanya ber IP diatas 3.5. Setelah itu tetep lah, i dont know what to do. mending buka twitter sambil nonton hafiz indonesia. iya, gue udah gak jadi agnostik lagi semenjak ramadhan, gak enak aja rasanya gak punya Tuhan yang gue sadar ternyata emang kodratnya harus kita miliki. Eh pas liat official twitter SIMAK ternyata pengumuman nya dimajuin. Ah mau ngapain? Geer amat bakal lolos. udah ngerjain nya gak belajar, grogi pula gara gara kakak pengawas ganteng duduk nya di sebelah gue yang dapet bangku paling belakang. kakak ganteng penghuni makara jingga. makara jingga yang penuh harapan. makara jingga yang pernah gue rangkai dengan senyum. gak capek tahun demi tahun belajar demi bisa pake itu makara, iya itu pas SMA. Sampe gue sadar kalo gue udah lelah dengan banyak mimpi. mimpi yang gue anggap cuma bakal gue bisa gapai dalam mimpi panjang. sampe gue gak mau bangun lagi. mimpi indah? Gue siapa? mimpi bisa bobo di kereta dengan jadi commuter? bisa naik busway pun bersyukur.

jam 5.... apaan nih? Tuhan kasih Ancient cube lagi buat gue. Makara jingga bukan cuma mimpi panjang gue. Gue tinggal ambil di tanggal 29 Agustus nanti. Makara jingga juga udah bukan semata kekaguman gue, tentang bagaimana encer otak mereka atau apa nutrisi mahal yang dikasih orang tua nya? atau lu bimbel dimana sih? garansi uang kembali ya kalo sampe gak diterima?

juga tentang wajah mereka yang memancar jelas kecerdasan yang hakiki, cuma dengan liat mata.

Gue ini cuma kerikil, pantesnya dimana?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun