Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Buket Indah untuk Violet di Tahun Kabisat

29 Februari 2024   10:47 Diperbarui: 29 Februari 2024   15:52 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar. Kompas.com

"Vie! Serius kamu ulang tahun? Empat Tahun sekali, jadi berapa usiamu sekarang? Baru delapan tahun!" Guyonan yang dilontarkan para dosen di ruang Jurusan, saat aku masuk menghadap dosen bimbingan.

Di beranda FB:
"Hei, hei ..., Vie. Serius kamu tanggal 29 Februari? Tahun kabisat dong." Komentar beberapa akun fb pada dinding berandaku.

Aku senyum sendiri mengingat banyak komentar dan chat masuk di akun FB.

Ada rasa lucu sekaligus seru atau lebih tepatnya bangga, dan merasa keren. Hahahah! 

Ketika pertanyaan dan guyonan itu hadir menghiasi tanggal istimewa yang datang empat tahun sekali itu.
Iya. Konon menurut orang tua dan dikukuhkan dengan bukti autentik beberapa keterangan ijazah dan akta lahir, perempuan lembut dengan nama Violeta ini lahir pada tanggal 29 Februari. Dan peristiwa tersebut dikenal dengan tanggal atau tahun kabisat. Meskipun sesungguhnya aku tidak terlalu mau pamer tentang fakta ini, namun dunia tetap akan tahu. Siapa yang tidak kenal Vio ketua HMJ satu-satunya perempuan di organisasi Fakultas FKIP?

Jujur, memang ada rasa bangga mengetahui bahwa diri ini lahir pada tanggal yang istimewa. kabisat. Siapa sih yang enggak merasa keren?

Dikutip dari kompas.com menyatakan bahwa: Tahun Kabisat terjadi setiap tahun keempat dalam kalender Gregorian atau kalender yang digunakan oleh sebagian besar dunia. Tahun kabisat adalah tahun dengan 366 hari kalender, bukan 365 hari normal. Hari tambahan, yang dikenal sebagai hari kabisat adalah tanggal 29 Februari yang tidak akan ditemui pada tahun non-kabisat. Setiap tahun yang habis dibagi empat, misalnya 2020 dan 2024

 Aduh intinya begini ya. Tahun kabisat itu terjadi setiap empat tahun sekali, karena pada tiga tahun sebelumnya tiap bulan Februari diakhiri dengan tanggal 28. Nah di mana terjadi atau terdapat tanggal 29 Februari, maka itu disebut tahun kabisat. Gitu aja ya gays.

Aku sudah membayangkan ada ucapan spesial di kampus. Karena itu hari ini, aku persiapkan diri sebaik mungkin.


"Bu. Izin saya ke kelas!" pamitku pada dosen.
Eh tunggu Vie, ini tolong bawa proyektor dan siapkan forum ya, kamu hari ini presentasikan?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun