Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Rahasia Mendidik Anak agar Sukses Sejak Dini

8 Oktober 2022   02:05 Diperbarui: 8 Oktober 2022   02:13 238 29 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi :Cloudymoudy.com

Orang tua mana yang tidak bermimpi, anaknya menjadi orang yang sukses kelak ? Jangan kan orang tua, kita pun sebagai anak pasti ingin menjadi sukses, kelak mengharumkan dan menjadi kebanggaan orang tua dan keluarganya. 

Jika saat ini kita sebagai anak yang telah menjadi dewasa masih saja menjadi orang biasa, maka jadikanlah diri kita sebagai orang tua yang mampu mendidik anak menuju kesuksesannya. Mendidik anak untuk menjadi orang sukses kelak.

Pola asuh dan pendidikan, yang diberikan orang tua sejak dini, akan berpengaruh besar bagi kesuksesan anak di masa mendatang.

Artinya ternyata mendidik anak menjadi orang sukses di kemudian hari, bisa di stimulus sejak usia sedini mungkin. Dalam kehidupan sehari-hari, orangtua bisa membentuk karakter anak menjadi sedemikian rupa sesuai dengan pola asuhnya. Terutama berkaitan dengan pengambilan keputusan dan hal- hal penting menyangkut hidup anak dan berguna dikemudian hari.

Tertulis dalam buku Margot Machol Bisnow, 'Raising an Entrepreneur: How to Help Your Children Achieve Their Dreams'. (Membesarkan Wirausahawan: Bagaimana Membantu Anak Anda Mencapai Impian Mereka). Penulis dan pakar parenting asal Amerika Serikat ini telah mewawancarai sediktnya 70 orangtua, yang membesarkan anak mereka menjadi orang dewasa yang sangat sukses

Menurut Margot Machol Bisnow, setidaknya ada beberapa ungkapan yang tidak akan pernah digunakan oleh orangtua yang anak- anaknya tumbuh menjadi orang sukses :

Perlu di catat bahwa orang tua yang anak-anak sukses dikemudian hari, ternyata orang tuanya menerapkan pola asuh yang sangat baik. Yaitu "Tidak pernah mengungkapkan bebrapa hal negatif terhadap anaknya"seperti kalimat dibawah ini :

Kuncinya Jangan Pernah Katakan Ini :

1. "Ayah dan Ibu tidak Percaya Padamu, jadi kami ayah atau ibu akan mengecek PR mu dan memperbaiki nya jika ada yang salah. 

Kita faham bahwa, sebagai orang tua, harus memberikan pemahaman pentingnya tanggung jawab sejak dini. Namun berilah ruang untuk anak belajar bertanggungjawab, menghadapi masalahnya sendiri, belajar dari kesalahan, mencoba memperbaiki dan mencari solusi serta lebih percaya diri seiring bertambahnya usia. Berikah kepercayaan kepada anak, dan biarkan ia berusaha mengatasi masalahnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan