Mohon tunggu...
Edukasi

Maulana Yudha Nugraha Pelopor Micro Green di Sukabumi

16 Mei 2019   04:24 Diperbarui: 16 Mei 2019   04:34 0 1 0 Mohon Tunggu...
Maulana Yudha Nugraha Pelopor Micro Green di Sukabumi
Tanaman dengan system micro green

Maulana Yudha Nugraha atau biasa disebut dengan Kang Yudha ialah pria asal Sukabumi yang lahir pada tanggal 04 November 1988. Kang yudha merupakan lulusan pertanian di salah satu Universitas yang berada di Sukabumi. Kang Yudha memiliki kesukaan terhadap bercocok tanam, hingga pada saat dibangku sekolah menengah kejuruan beliau sudah memiliki usaha perikanan, sistem hidroponik dan budidaya holtikultura sistem konvensional.

Usaha yang dimiliki kang yudha sampai saat ini yaitu system hidroponik, dimana tanaman mendapatkan air, oksigen serta nutrisi melalui pemompaan bak penampung yang nantinya akan membasahi akar atau istilahnya pasang. Namun, saat ini kang yudha juga sedang focus dengan micro greens. Apa itu micro greens? Ya, micro greens merupakan sayuran yang di panen pada usia yang sangat belia, berkisar tujuh hingga empat belas hari setelah semai.

Awal mula kang yudha bisa focus kepada micro greens, yaitu saat beliau mengikuti pameran di Aeyon Tangerang, dimana saat itu ia sangat tertarik pada micro green yang ada di pameran tersebut. Hal yang membuat kang yudha tertarik dengan micro greens, karena kandungan gizi yang terkandung dalam sayuran tersebut lebih banyak dibanding kandungan gizi sayuran yang ditanam pada umumnya, dan yang paling utama system micro greens ini bebas dari yang namanya pestisida.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari micro greens Kang Yudha berfikir untuk menerapkannya di Sukabumi. Sampai-sampai beliau membuka pelatihan untuk para ibu-ibu KWT atau Kelompok Wanita Tani dan beliau juga membuka komunitas khusus untuk micro green di Sukabumi. Seiring berjalannya waktu akhirnya Micro Greens menjadi tren dikalangan para petani di Sukabumi, dan Kang Yudha pun menjadi Pelopor Micro Greens di Sukabumi.