Mohon tunggu...
Maulida setiani
Maulida setiani Mohon Tunggu... imel

Uinmaliki'19

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingkah Self Awareness?

26 Maret 2020   18:59 Diperbarui: 26 Maret 2020   18:58 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingkah Self Awareness?
nbcnews.com

Mungkin kalian sudah bosan dengan berita Covid 19 yang sedang gemparkan seluruh negara di dunia. Semakin banyak berita akan semakin panik kita. Nah kali ini saya akan membawah tentang Sosial-Emosional Learning (SEL) yaitu tentang Self Awareness (kesadaran diri)

Setiap anak hingga orang dewasa perlu mempelajari tentang Sosial Emosional Learning ini. Karena disetiap materinya kita dapat mengambil kesimpulan apa yang harus kita  perbuat atau keputusan apa yang harus kita ambil. Lebih mendalamnya yaitu pada Self Awareness.

Perkembangan emosi adalah aspek penting dalam kesadaran diri anak anak hingga orang dewasa. Setiap diri manusia diberi kemampuan mengamati, merespon kemudian melakukan tindakan. Hal itu membuat kita mengarahkan perilaku atau tindakan yang membedakn kita dengan individu lainnya. Jika kamu memperlajari tentang self awareness kamu akan bertindak dan berperilaku dengan memikirkan dampak terhadap orang sekitar

Sikap kesadaran diri ini sangat penting untuk kehidupan. Meskipun kamu hanya dirumah saja kamu perlu untuk mengatur emosi agar tetap tenang dan tidak merasa bosan ataupun stres. Selalu percaya diri dengan apa yang kamu lakukan. Orang yang memiliki self awareness yang tinggi tidak mudah minder dan selalu melakukan hal yang positif tentunya.

Maraknya kabar atau berita hoax tentang Covid 19 baru baru ini mengajarkanmu untuk teliti terhadap apapun. Membaca berita dengan detail dan tau asal usulnya. Sehingga jika kamu mengambil sikap tenang kamu tidak akan menyebarkan berita sembarangan yang bisa saja membuat orang lain panik.

 Gerakan #dirumahaja menurut saya dapat dijadikan self awareness yang baik. Karena kita lebih fokus pada kesadaran diri kita dan fokus untuk lebih memperbaiki kedepannya. Kamu juga dapat mengembangkan kreatifitas dengan baik.

Membangun self awareness sejak dini dapan membuahkan hasil pada saat dewasa. Kesehatan dan kesuksesan di depan mata. Nah gimana caranya ?

Kamu tentunya sering melihat anak anak belajar sepeda kayuh. Dan tentunya mereka pernah terjatuh. Nah pada saat terjatuh itu pelajaran bagi anak bahwa dia seharusnya berdiri agar nanti dia bisa belajar lagi. Rasa percaya diri itu sudah dibangun sejak dia mulai berdiri dan belajar bersepedah lagi. Kemudian dia beranjak remaja dan memilki prestasi. Masa remaja anak juga harus sangat berhati hati. Karena pada masa remaja adalah proses pencarian identitas diri. Self awarenes sangat diperlukan agar anak tidak down nantinya. Kemuan beranjak dewasa, dia akan tau apa yang harus dia lakukan dan dimana dia harus menempak dirinya. Sehingga masa kecil juga perlu diajarkan tentang self awareness.

Terimakasih

 

VIDEO PILIHAN