Mohon tunggu...
Fathimah Muthmainnah
Fathimah Muthmainnah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Mahasiswa Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Monggo Factory, Coklat Legendaris di Yogyakarta

15 November 2022   11:25 Diperbarui: 15 November 2022   11:33 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Chocolate Monggo Factory and Museum merupakan toko coklat yang di dalamnya terdapat museum sekaligus etalase yang menjual berbagai macam varian rasa coklat. Monggo ini sendiri merupakan merk coklat yang sudah mulai terkenal di Indonesia sejak dulu, bahkan pernah masuk ke dalam liputan berita. Menurut sumber dari website resmi Monggo, Chocolate Monggo sendiri sudah dimulai sejak tahun 2001 sampai 2004 di sunmor (Sunday Morning) UGM (Universitas Gadjah Mada). Kemudian berlanjut diluncurkan pada tahun 2005 secara resmi. Pada museum Monggo yang saya kunjungi kali ini sangatlah unik, karena pembeli dapat mengunjungi beberapa tempat sekaligus dalam satu tempat dengan satu merk, yaitu Monggo Chocolate.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Museum. Tempat yang pertama yang bisa pembeli kunjungi adalah museum, hanya saja saat itu saya tidak sempat mengunjunginya karena keterbatasan waktu. Namun dari review yang say abaca, pengunjung merasa sangat terhibur dan teredukasi dengan mengunjungi museum Chocolate Monggo, sehingga menurut saya, tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata edukasi baik untuk anak kecil, anak muda, maupun rekreasi entrepreneur bagi orang dewasa.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Caffe Gelato. Tempat selanjutnya yang bisa dinikmati adalah caffee gelato yang memiliki banyak varian menu, mulai dari gelato yang bisa dipilih langsung sendiri, hingga dessert berupa berbagai macam beverage, maupun main course ala western. Tempatnya sangat nyaman, dengan interior kayu yang desain ukiran jawa yang semakin menambah ambience jogja. Pembayaran juga dapat menggunakan cashless, dan pelayanan juga baik.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Chocolate Store. Toko ini menjual berbagai macam oleh-oleh maupun souvenir khas Jogja, dan juga berbagai macam olahan coklat. Desain interior toko coklat ini sangatlah elegan dengan tema tradisional, salah satu hal yang paling terlihat adalah dari lampu yang menggunakan hiasan kayu, dan juga terdapat hiasan topeng.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Factory of Chocolate. Jika ingin melihat proses pembuatan coklat dengan pemandu yang sangat ahli dan paham di bidangnya, maka tempat ini sangat pas untuk rekreasi. Namun, untuk mendapatkan tour ini, pengunjung perlu membayar extra dan menentukan jadwal terlebih dahulu, untuk informasi lebih lengkapnya bisa mengakses website maupun akun sosial media resmi dari Chocolate Monggo. Sejauh ini kesan saya untuk Monggo cukup puas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun