Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - A runner, an avid reader and a writer.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Information Overload, Gambaran Desain Kelas di Sekolah Dasar

7 Maret 2024   11:30 Diperbarui: 7 Maret 2024   11:54 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Information overload|freepik.com

"Information overload is a state of being overwhelmed by the amount of data presented for one's attention or processing" [read here] 

Untuk bisa menyerap informasi lebih efisien, seseorang perlu mendapatkan input yang sesuai. Bagi anak berumur 6-12 tahun, kemampuan fokus belum maksimal dan terus berkembang seiring bertambahnya umur.

Beberapa kali berkunjung ke sekolah dasar, saya melihat begitu banyak informasi terpampang di dinding kelas. Bahkan, informasi yang disajikan sejatinya tidak terlalu 'penting' bagi anak-anak yang daya pikirnya masih terbatas. 

Kenapa terlalu banyak informasi malah memperlambat fokus?

Ketika informasi diberikan berlebih, maka otak akan menyerap banyak input. Hal ini membuat otak kehilangan kemampuan untuk fokus pada hal penting. Akibatnya, informasi yang dilihat secara visual malah memperburuk kemampuan anak untuk fokus. 

Khususnya pada tingkat sekolah dasar, ruang kelas seharusnya tidak didesain dengan banyak informasi visual yang kurang relevan. Konsentrasi belajar akan terpecah saat guru menjelaskan pelajaran, dimana fokus anak malah teralihkan oleh tulisan tertentu.

Otak tidak memerlukan banyak informasi pada tahap awal. Bagi anak setingkat sekolah dasar, informasi berbentuk gambar lebih efisien bagi otak untuk bekerja maksimal ketimbang tulisan bertebaran di dinding kelas.

Di banyak sekolah, konsep 'memperbanyak' informasi di dinding kelas malah dianggap baik. Padahal, ruang yang dipenuhi ragam tulisan malah memperlambat konsentrasi siswa.

Tidak heran, ruang-ruang kelas yang sebenarnya berfungsi untuk memperbaiki fokus siswa malah menyebabkan information overload pada memori siswa. 

Information overload sering terjadi pada orang dewasa, namun pada kenyataannya kelebihan informasi juga sangat mungkin menjangkiti anak sekolah dasar. 

Lantas, lingkungan sekolah yang bagaimana yang baik untuk anak sekolah dasar?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun