Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Content writer - parenting and childhood education. Contact : masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Bagaimana Caranya agar Anak Suka Membaca?

20 September 2021   17:47 Diperbarui: 22 September 2021   17:00 646 12 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagaimana Caranya agar Anak Suka Membaca?
Cara agar anak cepat membaca lainnya adalah dengan memintanya membaca daalam kerangka waktu yang ditentukan.(UNSPLASH/JERRY WANG)

The effect of your habits multiply as you repeat them

Ungkapan di atas berasal dari sebuah buku berjudul Atomic Habits. Sebuah buku yang ditulis oleh James Clear yang sangat fenomenal di Amerika. 

Dalam tulisan ini, saya ingin mengupas sedikit tentang bagaimana membangun sebuah kebiasaan (habit) sehingga berdampak baik bagi anak. Khususnya dalam hal membangun kebiasaan membaca bagi anak.

Minat baca pada anak tidak datang dengan sendirinya. Ibarat hujan yang datang diawali mendung dan gemuruh lalu kemudian airpun turun dari langit.

Dalam konteks membaca, seorang anak tidaklah lahir dengan membawa ketertarikan untuk membaca. Namun, orangtua memiliki andil besar untuk membangun kebiasaan bagi anak sejak kecil.

Membiasakan membaca dari umur 1 tahun

Rasa ingin tahu pada anak di bawah 1 tahun sangatlah besar. Di sini anak mulai belajar tentang dirinya dan apa yang ada di sekitarnya. Investasi paling baik pada umur ini adalah mengenalkan buku pada anak.

Sama halnya seperti smartphone, anak akan lebih tertarik kepada sesuatu yang lebih dulu diperkenalkan. Jadi, sebagai orangtua bijaklah dalam hal memilih benda untuk anak.

Kenapa banyak sekali anak yang lekat dengan smartphone?

Tentunya orangtua sudah tahu jawabannya. Coba kembali tanyakan pada diri sendiri benda apa yang paling sering kita serahkan ke anak ketika mereka rewel?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan