Mohon tunggu...
Masyadit aditia
Masyadit aditia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Banyak Sisi Positif Gadget? Namun Banyak Juga Dampak Negatifnya! Berikut Penjelasannya

23 September 2022   10:04 Diperbarui: 23 September 2022   10:32 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Gadget adalah alat elektronik yang banyak macam fungsi khususnya. Gadget merupakan alat elektronik yang canggih dengan banyak fitur dan aplikasi yang menarik membuat anak zaman sekarang sangat tertarik dengan gadget. Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik  yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game dan lainnya.

Gadget memiliki banyak fungsi dan manfaat yang mempermudah kita untuk berbagai aktifitas dan positif sesuai dengan penggunaannya.Adapun fungsi dan manfaatnya secara umum:

1.Komunikasi

Salah satu manfaat gadget adalah sebagai sarana komunikasi karena zaman ke zaman yang semakin canggih dan pengetahuan manusia semakin luas  dan maju.Zaman dahulu manusia berkomunikasi melalui batin,kemudian berkembang melalui tulisan yaitu surat.Namun sekarang zaman semakin modern manusia dapat berkomunikasi dengan mudah dan praktis hanya dengan menggunakan handphone.

2. Sosial

Dari aspek sosial juga merupakan manfaat dari gadget karena banyaknya fitur dan aplikasi yang tepat untuk berbagi kabar,berita dan cerita.Sehingga dengan menggunakan handphone pemanfaatan tersebut dapat menjaga tali silaturahmi kepada kerabat yang jauh agar semakin erat dan tidak renggang.Kita juga bisa mendapatkan teman secara online tanpa bertemu secara langsung.

3. Pendidikan

Seiring berkembangnya zaman ke zaman yang semakin canggih,sekarang belajar tidak hanya bisa dengan buku.Tetapi sekarang melalui smartphone kita dapat mengakses berbagai ilmu pengetahuan dan berbagai kebutuhan referensi tentang Pendidikan,politik,dan ilmu umum,tanpa kita harus repot-repot pergi ke perpustakaan atau pusat ilmu pengetahuan yang mungkin sulit atau jauh untuk dijangkau.

Tiada hari tanpa gadget,mungkin kata-kata itu yang bisa kita katakan kepada anak sekarang yang kecanduan gadget.Karena banyaknya fitur dan aplikasi yang membuat seorang anak betah ber jam-jam bermain gadget tanpa henti dan tidak bisa hidup tanpa perangkat digital yang satu ini.

Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi,Sebagian di antara anak anak seakan akan tak bisa lepas dari smartphone.Gadget memang ibarat pisau bermata dua.Di satu sisi positif,tapi di sisi lain juga negative yang dapat merugikan jika tidak digunakan secara bijak.Tanpa disadari penggunaan gadget yang tiada henti mengakibatkan berbagai gangguan salah satunya merusak mata.

Seiring berkembangnya teknologi,gadget saat ini pun sudah berkembang menjadi semakin canggih salah satunya smartphone yang bisa digunakan dalam hal apapun.Kamu dapat melakukan banyak hal dengan hanya smartphone mu.Oleh karena itu banyak anak yang kecanduan gadget yang selalu membawa gadget dimanapun dan kemana pun mereka pergi.Apakah kamu termasuk?Hati-hati,ini dampak buruknya bagi Kesehatan.Jangan menyepelekan dampak kecanduan gadget, karena kebiasaan ini bisa memberikan dampak buruk bagi Kesehatan.Berikut beberapa contoh dampak dari kecanduan gadget:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan