Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru Pembelajar, Guru Harus Terus Belajar

24 November 2020   21:48 Diperbarui: 24 November 2020   21:51 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjelang peringatan Hari Guru 2020 tetiba perasaan sentimentil melanda hati. Sebuah pertanyaan menyelusup dalam hati. Benarkah saya sudah menjadi seorang guru ?

Mengawali mengajar pada tahun 1996 berarti sudah 24 tahun lebih saya berkecimpung di dunia pendidikan. Hampir separoh umur. Bahkan kalau ditambah masa sekolah dan kuliah artinya 3/4 usia saya berkutat di lingkungan pendidikan.

Rentang waktu mengajar yang cukup panjang, saya masih sering bingung kalau ada pertanyaan: menjadi guru sebagai cita-cita atau sekedar nyasar ?

Sejujurnya sebagai anak kampung boleh dibilang saya tidak berani bercita-cita. Bagi yang kenal daerah Gunungkidul di tahun 70 sampai 80an, mungkin akan maklum dengan apa yang barusan saya bilang. Tidak punya cita-cita !

Tapi dari jalur pendidikan yang saya tempuh jelas mempersiapkan diri saya menjadi seorang guru setelah lulus kuliah. Saya barangkali termasuk orang yang beruntung dapat mengenyam pendidikan guru di kampus yang berkategori sangat baik, IKIP Yogyakarta.

Dengan dua paragraf di atas semoga bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut, saya sebagai guru apakah panggilan jiwa atau sekedar pelarian belaka.

Guru, Patut Digugu dan Ditiru

edacitra.wordpress.com
edacitra.wordpress.com

Idealnya guru itu patut digugu dan ditiru. Untuk bisa digugu (dipercaya) seorang guru harusnya mengajarkan ilmu pengetahuan yang sejati. Sedangkan untuk bisa ditiru (dicontoh) seorang guru haruslah mentransfer sikap dan perilaku yang baik.

Untuk bisa mengajarkan pengetahuan yang sejati guru dituntut untuk terus menerus belajar. Ilmu pengetahuan terus berkembang tidak pernah stagnan. Jadi Guru Pembelajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun