Mohon tunggu...
masrurohm rurohh
masrurohm rurohh Mohon Tunggu... masruroh

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pentingnya Identitas Nasional di Era Milenia Ini

22 Februari 2020   00:56 Diperbarui: 22 Februari 2020   01:13 347 0 0 Mohon Tunggu...

Identitas setiap manusia ditentukan oleh manusianya secara alami yang akan membentuk ciri khas ataun karakter khas dalam norma kehidupan. Identitas diartikan sebagai ciri atau keadaan yang khas yang sesuai dengan dirinya sendiri, identitas juga tidak mengacuh pada individunya sendiri tetapi juga pada suatu kelompok.

Identitas meliputi nilai, norma, dan simbol ekspresi yang memberikan pembenaran bagi tindakan hal ini sebagai tindakan sosial untuk menjadikan kesolidaritasan dan kohesivitas sosial.

 Istilah identitas nasional dapat di samakan dengan identitas kebangsaan yang terdiri dari ciri, tanda atau jati diri yang dimiliki idividu, kelompok masyarakat bahkan suatu bangsa yang menjadikan karakteristik sehingga menjadi ciri khas dari sebuah  bangsa itu sendiri contohnya negara indonesia yang memiliki beraneka ragam suku, ras, bahasa dan agama yang menjadikan suatu keunikan tersendiri dan membedakan dengan negara lain. Hal ini akan menjadi sebuah pembeda dari negara lain dari konteks tertentu yang secara luas maupun spesifik. 

Dalam pembentukan bangsa-negara membentuk identitas untuk menyatukan masyarakat yang bersangkutan di negara itu dan di indonesia yang paling menonjol adalah pancasila dan ke Bhineka Tumggal Ika.

Diera milenia saat ini, Identitas sangatlah penting dan dibutuhkan sebagai alat mempersatukan bangsa yang mana identitas nasional terbentuk karna adanya suatu tujuan yang berfungsi sebangai alat pemersatuan yang menjadikan pembeda dari negara yang lain, sehingga menjadi landasan negara. Identitas dibuat, dibentuk dan disepakati oleh warga bangsa yang sebelum mereka memiliki identitas nasional itu, warga negara memiliki identitas primer, yaitu identitas kesukubangsaan. maka dari itu sangatlah penting bagi para pemuda untuk merealisasikan identitas nasional ini guna mempersatukan bangsa menjadi bangsa yang bersatu.

VIDEO PILIHAN