Mohon tunggu...
Mas Nawir
Mas Nawir Mohon Tunggu... Wiraswasta/Penulis lepas

Vlogger Blogger Youtuber

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Melihat Peradaban Masa Lampau di Desa Wisata Banjarejo

14 Mei 2020   23:47 Diperbarui: 23 Mei 2020   19:51 449 17 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Peradaban Masa Lampau di Desa Wisata Banjarejo
Patung Ganesha Raksasa | tangkapan layar YouTube Mas Nawir

Peradaban itu berjalan maju, melewati ruang dan waktu, dan tiap titik peradaban akan ditinggal di belakang sebagai cerita sejarah yang terhubung ke peradaban masa depan.

Ribuan, bahkan jutaan tahun yang lalu, di atas bumi yang kita pijak ini terdapat peradaban yang hidup. Menghiasi cerita dunia, menjadi hikayat, sejarah, bahkan legenda yang mengabadi.

Orang-orang menggali tanah, menemukan peninggalan masa lalu, baik berupa artefak, batu, atau fosil, bahkan bangunan candi. Sehingga dalam penemuan itu terkuak sejarah yang tersembunyi akan adanya kehidupan di masa lampau.

Omah balung Banjarejo | tangkapan layar YouTube mas nawir
Omah balung Banjarejo | tangkapan layar YouTube mas nawir
Desa Banjarejo adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Gabus kabupaten Grobogan. Desa ini tetiba saja menghebohkan dunia dengan ditemukannya berbagai fosil berbagai binatang raksasa yang hidup sejak jutaan tahun yang lalu.

Saya mengunjunginya tahun lalu saat bulan ramadan ditemani seorang guide yang tinggal di wilayah setempat.

Petunjuk arah ke desa Banjarejo | tangkapan layar YouTube mas nawir
Petunjuk arah ke desa Banjarejo | tangkapan layar YouTube mas nawir
Lokasi desa wisata Banjarejo bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit melalui jalan raya yang menghubungkan Blora-Purwodadi Jawa Tengah. Plang petunjuk arah ke arah desa wisata ini sudah mulai nampak dari jalan besar. Dan kita tinggal mengikuti papan petunjuk arah tanpa kesulitan.

Setelah melalui beberapa desa, kita akan sampai di lokasi. Terlihat patung gajah raksasa di depan kantor kelurahan. Dan setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp5000 untuk umum dan Rp3000 untuk pelajar.

Di depan halaman kelurahan yang sangat luas ini juga terdapat patung Ganesha tidur dalam ukuran raksasa. Saya datang ke tempat ini disambut dengan ramah oleh penjaga.

Koleksi benda purbakala di omah balung | tangkapan layar YouTube mas nawir
Koleksi benda purbakala di omah balung | tangkapan layar YouTube mas nawir
Masuk dalam sebuah ruangan berupa bangunan tembok yang tak terlalu besar, saya disuguhi sebuah pemandangan yang menakjubkan.

Dalam sebuah etalase yang tak terlalu besar terdapat beberapa puluh fosil peninggalan masa lalu. Dari kerang raksasa, kepala kerbau, kuda nil, bahkan gading gajah yang konon umurnya sudah jutaan tahun.

Barang hasil penemuan purbakala di Desa Banjarejo, selain disimpan di omah balung di kelurahan, juga disimpan di rumah kepala Desa Banjarejo, Ahmad Taufiq.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x