Mohon tunggu...
Mas Nawir
Mas Nawir Mohon Tunggu... Wiraswasta/Penulis lepas

Vlogger Blogger Youtuber

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menjangkau Hati dengan Regulasi, Mungkinkah?

20 Februari 2020   23:24 Diperbarui: 20 Februari 2020   23:19 55 12 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjangkau Hati dengan Regulasi,  Mungkinkah?
Ilustrasi pixabay

Mungkin pemerintah sudah mulai pusing melihat keluarga-keluarga miskin yang makin bertambah.  Indikasinya dengan berbagai subsidi dengan sasaran keluarga miskin yang nilainya masih cukup besar.

Pertanyaannya apakah dengan kawin campur antara si kaya dan si miskin benar-benar akan memberi manfaat atas problem pengentasan kemiskinan?

Perkawinan si kaya dan si miskin terjadi karena jodoh.  Bukan sekedar pengaruh harta benda sehingga timbul rasa cinta lalu bisa membuat janji hidup bersama.

Kita juga manusia,  bukan hewan ternak atau peliharaan yang  kehidupannya bisa diatur.  Mau dapat orang kaya ataupun orang miskin itu hak antar individu dan tak terkait dengan aturan undang-undang.

Mungkin kalau kita punya hewan peliharaan,  jantan dan betina dari jenis yang sama tapi lain ras bisa mereka menurunkan anak-anak dengan ras campuran.

Tapi manusia punya hati dan perasaan,  terkait tata  krama dan kesopanan sehingga tidak mudah melahirkan perasaan terlebih ada sekat kaya dan miskin.

Orang  miskin yang menikah dengan orang kaya mungkin ada.  Tapi apakah dengan ikatan perkawinan otomastis yang miskin bisa menjadi kaya?

Apalagi orang yang miskin akan terlihat secara jelas dalam pandangan orang kaya,  malah bisa dicurigai hanya memanfaatkan harta benda si kaya.  

Orang kaya mungkin bisa menikahi orang miskin. Tapi ia harus siap-siap dicemooh oleh keluarga besarnya. Mengapa menikahi orang miskin yang jelas-jelas tak punya harta benda?

Orang miskin seperti menjadi beban di negeri ini sehingga kerap kali dijadikan kambing hitam. Mungkin kekawatiran pemerintah ada benarnya soal penilaian bank dunia akan keberadaan ekonomi Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x