Mohon tunggu...
Mas Nawir
Mas Nawir Mohon Tunggu... Wiraswasta/Penulis lepas

Vlogger Blogger Youtuber

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Pepes Ikan Kembung, Pedasnya Bikin Nagih

15 Februari 2020   00:48 Diperbarui: 15 Februari 2020   01:15 46 6 2 Mohon Tunggu...
Pepes Ikan Kembung, Pedasnya Bikin Nagih
Ilustrasi suara.com

Semua masakan ikan laut saya suka.  Tapi paling favorit  adalah pepes ikan kembung buatan istri saya.  Tekstur ikan kembung sangat unik bila dimasak pepes.

Bumbunya terserap sampai ke dalam rongga ikan. Membuat saya ketagihan tiap kali makan dengan lauk ikan kembung. Apalagi kalau dimasak dengan bumbu dan cabe lebih banyak,  membuat saya makan tak kenyang-kenyang.

Membuatnya Sangat mudah.  Pertama kali keluarkan kotoran perut ikan kembung,  cuci betsih dan tiriskan.

Setelah itu siapkan bumbu yang  terdiri dari bawang merah,  bawang putih,  cabai rawit, kemiri, dan kunyit. Semua bumbu dengan ukuran secukupnya sesuai selera.

Semua bumbu digiling halus,  tambahkan garam secukupnya,  bagi yang  suka,  boleh menambahkan penyedap rasa atau kaldu ayam sesuai selera. Ingat saat menggiling bumbu jangan menuangkan air terlalu banyak agar tekstur bumbu bisa kental.

Setelah bumbu tergiling halus,  campurkan satu butir telur ayam dan aduk dengan rata.

Siapkan daun pisang. Tata ikan di daun pisang dengan baluran bumbu secara merata. Anda bisa menggunakan tangan dengan kaos tangan plastik atau menggunakan sendok. Jangan lupa masukkan daun jeruk,  daun salam dan irisan tomat , dan daun kemangi dalam tiap bungkus pepes.  Kunci kedua ujung bungkusan dengan lidi dan pepes siap untuk dikukus.

Saat daun pisang sudah berubah warna,  angkat pepes,  lalu diamkan beberapa menit.
Kalau anda mencampurkan bumbu dengan telur,  makan bumbu pepes akan menjadi padat dan tidak meleleh.

Pepes siap dinikmati langsung atau dipanggang dulu menggunakan teflon.
Warna gosong di daun pisang pasti akan lebih menggugah selera daripada pepes yang  tidak dipanggang.

Istri saya biasanya menyajikan lauk pepes bersama sayur bening bayam dan jagung. Saya kalau menikmati pepes ikan kembung nasinya bisa nambah dua atau tiga kali.

Semua jenis ikan sebenarnya bisa dibikin pepes.  Dari ikan bandeng,  ikan tuna,  ikan tongkol,  ikan kerapu,  bahkan ikan teri.

Tapi saya lebih menyukai jenis ikan kembung kalau masak pepes.

Bahkan untuk vegetarian,  jamur pun bisa dibikin pepes,  tapi bumbunya tidak usah menggunakan bawang putih. Cukup bawang merah saja.

Paling enak,  pepes dibuat dengan rasa pedas yang  nampol. Bumbu yang meresap ke tubuh ikan sangat asyik dinikmati dari ujung ekor sampai kepala.

Saat ini sepertinya sedang musim ikan kembung. Di supermarket dan di pasar trasional ikan kembung melimpah dengan harga sangat terjangkau.

Anda bisa mencobanya di rumah,  dan jangan lupa undang saya kalau sudah masak.

Salam kuliner  asli Indonesia

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x