Punya Mobil, bingung mau asuransi kan ?
Baru beli mobil baru, bagaimana melindungi aset kendaraan Anda agar biaya tidak terduga bisa di manage saat accident yang menyebab baret/penyok atau rusak parah ? Bahkan Hilang di curi orang saat parkir....hmmmm...
Mobil kesayangan orangtua Anda belum dilengkapi asuransi yang dapat membantu biaya tuntutan Pihak Ketiga disaat menabrak orang lewat atau gerobak/tiang/property orang lain ?
Temen bertanya kepada Anda, Asuransi apa yang cocok buat mobil nya tetapi kamu tidak bisa menjawab ?
Nanti kalo klaim repot ga sih ? Bagaimana prosedur nya...? Siapa yang harus dihubungi dahulu ? DOkumen apa yang perlu disiapkan ? Bagaimana menceritakan kejadian yang menyebabkan mobl rusak atau hilang kepada Bagian Klaim Asuransi ?
Yes...banyak pertanyaan yang seputar asuransi mobil sehingga saya mau sharing dari pengalaman saya pernah menjadi bagian klaim asuransi hingga saat ini sebagai pemasar produk asuransi, asuransi mobil salahsatu nya...Kita akan bahas banyak tema pertanyaan dalam beberapa artikel ya....
Yuk kita mulai..
Jika Anda mau asuransi mobil, siapa pun Anda sesuai pertanyaan diawal tulisan, yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut diantara nya :
1. Ketahui kredibilitas perusahaan asuransi
Kata orang jawa,"Ono rego ono rupo" bisa baca nih tulisan Mba Arrum rekan kompasiana (Sumber) tentang penjelasan istilah tersebut ya hehehe.
Yang pasti kalo kita mau memilih perusahaan asuransi harus tau kualitas nya. Premi asuransi kendaraan sudah di atur sama pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga seharus nya berapa premi kendaraan setiap perusahaan pada dasarnya sama, karena acuan peraturan nya hanya satu dari regulator. Sehingga dampak atas hal ini menuntut setiap perusahaan asuransi harus memiliki perbedaan kualitas layanan/servis kepada customer nya. Memang ada komponen biaya akuisisi(bisa komisi atau diskon) yang bisa diberikan sebagai potongan kepada calon tertanggung/pembeli tetapi mengukur kualitas layanan klaim nanti nya ketika terjadi risiko lalu klaim menjadi penting bagaimana service klaim perusahaan asuransi melayani kita. Maka harga kadang tidak selalu menjadi yang paling utama. Seperti Anda membeli baju/sepatu/jam tangan/Handphone, merk barang dengan harga adalah seperti pengertian yang sama ketika Anda mau memilih perusahaan asuransi yang akan membantu Anda NANTI nya disaat terjadi accident. Jangan sampai Anda membeli murah, beberapa waktu kemudian perusahaan diterpa masalah, lalu proses klaim menggantung, maka klaim Anda hanya menambah masalah yang baru saja menimpa Anda