Mohon tunggu...
Moh Khozah
Moh Khozah Mohon Tunggu... Dai Bilqolam

Mahasiswa BKPI IAIN Madura

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jangan Takut Bersedekah

15 Juni 2019   06:24 Diperbarui: 15 Juni 2019   06:29 0 2 1 Mohon Tunggu...
Jangan Takut Bersedekah
wow.tribunnews.com

Bersedekah memberikan sebagian hartanya kepada orang lain dengan ikhlas tanpa ada unsur paksa. Hal ini tidak akan mengurangi esensi kekurangan harta yang telah diberikan kepada orang lain. 

Secara bentuk memang berkurang, namun berkurangnya itu ditutupi dengan pahala dan keberkahan rezeki. Semakin banyak bersedekah semakin pula bertambah pahalanya dan semakin tinggi berkahnya. Ketika hati merasa berkurang ini hanya kata nafsu belaka yang menghasut untuk tidak bersedekah.  

Rasulullah Saw bersabda, "sedekah tidaklah mengurangi harta." (HR. Muslim)

Dari hadits ini lah dalil bahwa orang yang melakukan aktivitas sedekah hartanya tidak akan berkurang. Seperti yang di atas sebutkan bahwa secara bentuk memang berkurang namun pada dasarnya harta tersebut tidak berkurang bahkan Allah SWT berfirman dalam QS. Saba' : 39, yang artinya " Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang sebaik-baiknya."

Maka dari itu jangan takut bersedekah, berikanlah sebagian hartanya kepada orang lain terlebih orang-orang yang membutuhkan. Jangan khawatir dengan uang yang telah di sedekahkan kepada orang lain karena Allah SWT akan Menggantinya yang lebih banyak  lagi dan harta miliknya akan berkah dan tidak mudah habis.

Jangan heran ketika orang kaya itu tiba-tiba jatuh miskin tidak seperti sebelumnya kala, maka koreksilah apa yang terjadi pada dirinya sendiri. Kalau sudah paham maka segera bertaubatlah dan bangkit lah untuk memperbanyak bersedekah.

Kita perlu bercermin terhadap orang miskin yang tidak pernah lupa untuk bersedekah, hidupnya dari hari ke hari semakin bersinar, hidupnya berkah, rezekinya terus bertambah sehingga pada akhirnya terbilang sama dengan orang-orang di sekitarnya.

Sama dengan orang yang memberikan ilmunya kepada orang lain, semakin aktif memberikan ilmunya semakin tinggi keilmuannya, semakin cerdas dan semakin baik kualitasnya. Ketika ilmu dibiarkan begitu saja dalam dirinya, tidak pernah diasah seperti pisau yang tidak bisa digunakan sama sekali dan ilmu itu tidak akan bertambah malah semakin surut berkurang.