Mohon tunggu...
Marvelin
Marvelin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo perkenalkan Nama Saya Marvelin, boleh dipanggil Velin. Enjoy my article(⁠ ⁠◜⁠‿⁠◝⁠ ⁠)⁠♡

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Apa itu Istilah Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Monopolistik

1 Desember 2022   16:31 Diperbarui: 1 Desember 2022   16:39 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : MARVELIN 

Kelas  : C (Akuntansi)

PENDAHULUAN

Pasar adalah aktivitas dalam ekonomi. Pasar adalah suatu tempat dimana banyak sekali mekanisme, infrastruktur kawasan usaha menjual produk, social community, jasa, dan energi . serta tempat kerja bagi orang-orang yang melakukan transaksi menggunakan metode pembayaran yang sah seperti uang secara langsung dan pasar memili 2 transaksi di dalamnyayaitu penjual dan pembeli. 

Struktur pasar persaingan sempurna artinya struktur yang dianggap paling mengagumkan sebab, sistem pasar ini menjamin terciptanya kegiatan transaksi ekonomi sehingga menghasilkan barang serta jasa menggunakan efisiensi yang tinggi di bandingkan dengan struktrur pasar yg lain, mirip pasar persaingan monopoli. Sebab bersifat menguntungkan bagi pembeli dan penjual, sering para ahli ekonom menghendaki terwujudnya pasar persaingan sempurna. 

Pola transaksi dalam kehidupan sehari-hari. pada suatu pasar terjadi hubungan antara konsumen serta produsen, yang masing-masing memberikan penawaran serta permintaan. 

Permintaan menggambarkan hasrat konsumen, akan tetapi penawaran mendeskripsikan keinginan produsen atau penjual. Konsumen lebih mengiinginkan harga yg murah, kebalikannya produsen lebih menyukai harga yang mahal. Pertemuan antara konsumen dan produsen sehingga bertemu pada titik keseimbangan sebagai harga transaksi, itulah yang dianggap terjadinya pasar. 

Keduanya masing-masing mempunyai peranan yang sangat penting terhadap pembentukan harga barang di pasar. dalam pengertian yg sederhana, pasar artinya bertemunya penjual dan tiga pembeli secara eksklusif untuk melakukan transaksi jual-beli. pada arti luas, pasar artinya keseluruhan permintaan dan penawaran terhadap barang atau jasa. dimana Produsen menjual barang atau jasa, serta konsumen membeli barang atau jasa yang di sediakan sang produsen.

Pasar Tradisional di Daerah Perkotaan

 Menjadi komponen struktural tradisional di daerah perkotaan, pasar tradisonal merupakan bagian yangg selalu terdapat dalam pola penataan ruang kota-kota. Pasar tradisional merupakan bagian pembentuk kegiatan di kota dengan keragaman fungsi. Sebagian pasar-pasar tradisional mencerminkan pola kehidupan agraris masyarakatnya. 

Dengan demikian tidak lepas dari karakter mata pencaharian warga yang terdapat di sekitarnya. Letak pasar tradisional menempati suatu lahan atau area tertentu, dengan atau tanpa bangunan yang digunakan menjadi tempat kegiatan jual-beli berlangsung di masyarakat. Di sana para penjual barang komoditi serta para pembeli bertemu di daerah-daerah atau kawasan yang telah ditentukan, pada waktu yang ditetapkan dengan interval tertentu. 

Di sisi lain, bisa dikatakan bahwa pasar tradisional menjadi simpul dari pertukaran barang serta jasa secara regional yang kemudian tumbuh dan berkembang membangkitkan berbagai kegiatan di dalam kota.

Fungsi Pasar

 Secara awam, pasar memiliki tiga fungsi primer yaitu menjadi wahana distribusi, pembentukan harga, serta sebagai kawasan promosi.

Pasar menjadi tempat Distribusi

 Pasar menjadi sebuah tempat distribusi dan berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari Produsen kepada kekonsumen. Dan pengertian dari Pasar ialah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli . transaksi pada pasar yang membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tadi, sebagai akibatnya terjadilah tawar - menawar antara ke 2 belah pihak. Setelah selesainya tawar menawar maka terjadi kesepakatan, sehingga terbentuklah harga. Dengan demikian, pasar berfungsi menjadi pembentuk harga .

Pasar menjadi sarana kenaikan nilai produk

 Pasar menjadi sarana kenaikan nilai produk yang berarti pasar menjadi sebuah Kawasan untuk memperkenalkan serta menginformasikan suatu barang atau jasa perihal manfaat serta keunggulan untuk para konsumen. promosi dilakukan untuk menarik minat pembeli terhadap barang atau jasa yg diperkenalkan. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain, memasang spanduk, mengembangkan brosur, pameran dan sebagainya.

 Banyaknya cara menaikan nilai produk yang dilakukan sang produsen, membuat konsumen lebih selektif untuk menentukan barang yg akan dibeli. umumnya produsen yang memperlihatkan barang dengan harga murah dan kualitasnya mengagumkan akan selalu menjadi pilihan konsumen.

PENGERTIAN PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK

 Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang memiliki jenis produk yang serupa tetapi di setiap produknya memiliki ciri yang berbeda di setiap produk yang ditawarkan oleh produsen . Oleh sebab itu sifat-sifatnya mengandung unsur-unsur sifat pasar monopoli, dan unsur-unsur dari sifat pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan monopolistik bisa didefenisikan menjadi suatu pasar yang didalamnya terdapat banyak produsen penghasil barang yang berbeda motif (different products). Dalam pasar persaingan monopolistic ini konsumen dapat merasakan adanya perbedaan karakteristik dari komoditas-komoditas barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dengan komoditas-komoditas yang dihasilkan oleh perusahaan yang lain. Dalam hal ini bisa dijumpai banyak sekali aspek deferensiasi pada setiap barang yang di tawarkan. Contohnya, perbedaan komoditas ini bisa didasarkan atas perbedaan bentuk fisiknya seperti perbedaan fungsi, model, serta kualitasnya. Perbedaan ini juga dapat dijumpai dalam merek, logo serta bentuk kemasannya. Selanjutnya ada juga perbedaan yang dapat dijumpai dalam hal-hal yang berkaitan dengan penjualan contohnya seperti jangka waktu kredit, ketersediaan komoditas, kemudahan dalam memperoleh barang, pelayanan purna jual, pelayanan dan sebagainya. Pakaian, obat-obatan, kosmetik, restaurant dan banyak komoditas makanan adalah contoh-contoh komoditas monopolistik yang dapt dengan mudah dijumpai dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik

Terdapat Banyak Penjual

Barangnya Bersifat Berbeda Corak

Perusahaan Mempunyai Sedikit Kekuasaan Mempengaruhi Harga

Kemasukan Dalam Industri Relatif Mudah

Persaingan Mempromosi Penjualan Yang Sangat Aktif

PASAR OLIGOPOLI

 Pasar oligopoli berasal dari kata oligo yang berarti beberapa sedangkan istilah poli yang berarti penjualan. Bisa dikatakan oligopoli adalah sebuah pasar yang terdiri atas beberapa penjualan. Dalam ilmu ekonomi, pasar oligopoli dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk pasar yang terdiri atas beberapa produsen ataupun konsumen yg bisa menguasai penawaran. Definisi serta Pengertian Pasar Oligopoli. Pasar oligopoli merupakan salah satu dari bentuk pasar tidak sempurna. Menurut definisinya, pasar oligopoli ialah sebuah pasar di mana di dalamnya terdapat beberapa Produsen/konsumen (tidak banyak) yang menguasai pasar berdasarkan banyaknya konsumen atau pembeli yang ada. Barang yang dijual di dalam pasar oligopoli ini bersifat homogen (sama atau serupa) yang dijual oleh beberapa Produsen. umumnya pasar oligopoli ini didominasi oleh dua atau lebih Produsen namun tidak lebih dari sepuluh Produsen. 

 Pengertian pasar oligopoli adalah pasar yang memiliki produk yang homogen atau relatif sama . ada sedikit produsen tetapi pasar ini memiliki banyak konsumen . Pada pasar oligopoli , promosi serta iklan berperan sangat krusial bagi oligopoli. Promosi dan iklan bisa membentuk persepsi konsumen terhadap perbedaan produk satu dengan lainnya. Hal tersebut terjadi karena oligopoli yang relatif homogen sehingga mampu saling menggantikan. Ciri-ciri pasar oligopoli sebagai berikut: 

Di pasar ini terdapat 2 atau lebih produsen tetapi hanya sedikit produsen yang menguasai pasar . 

Jenis produk yang dijual pada pasar oligopoli bersifat homogen serta mampu saling menggantikan. 

Pada hal ini, kebijakan produsen utama yg menguasai pasar umumnya akan memiliki dampak yang besar pada kebijakan produsen lainnya. 

Pada Harga barang yg dijual pada pasar ini cenderung sama atau terdapat sedikit perbedaan pada harganya. 

Produsen atau penjual baru sangat sulit masuk kedalam pasar oligopoli ini karena pada umumnya para produsen yang lebih lama akan lebih menguasaai pasar. 

Wajib melakukan strategi iklan dan inovasi secara terus menerus buat dapat bertahan di pasar ini.

 Jenis-Jenis Pasar Oligopoli 

Oligopoli Tertutup penjabaran ini didesain atas dasar kebebasan ketika memasuki industri baru.  

Oligopoli terbuka adalah situasi pasar di mana perusahaan bisa masuk ke pada industri kapan saja beliau mau, sedangkan dalam masalah 

Oligopoli tertutup, ada batasan tertentu yang menjadi penghalang bagi perusahaan baru untuk masuk ke dalam industri.  

Oligopoli parsial mengacu di situasi pasar, di mana satu perusahaan akbar mendominasi pasar dan dicermati menjadi pemimpin harga. Sedangkan pada 

Oligopoli penuh, kepemimpinan harga terlihat mencolok menggunakan ketiadaannya. 

Oligopoli sempurna atau murni saat perusahaan berurusan menggunakan produk rata. Sedangkan Oligopoli dikatakan tak tepat, waktu perusahaan berurusan menggunakan produk yg heterogen, yaitu produk yang dekat tetapi bukan substitusi yang sempurna.

Oligopoli Tersindikasi penjabaran ini dilakukan atas dasar tingkat koordinasi yang ditemukan di antara perusahaan. Ketika perusahaan berkumpul serta menjual produknya dengan kepentingan bersama diklaim menjadi Syndicate Oligopoli atau oligopoli tesindikasi.

Oligopoli Non-Kolusif penjabaran ini dirancang atas dasar kesepakatan atau kesepahaman antar perusahaan. Dalam Sedangkan pada kasus Oligopoli non-kolusif, ada ketidaksepahaman diantara perusahaan serta mereka saling bersaing untuk mencapai targetnya masing-masing.

Oligopoli Kolusif, alih-alih bersaing satu sama lain, perusahaan-perusahaan berkumpul serta dengan konsensus seluruh penetapan harga serta output. 

 Kelebihan serta Kekurangan Pasar Oligopoli Kelebihan Pasar Oligopoli Pasar oligopoli mempunyai beberapa kelebihan. Beberapa di antaranya :

Karena pasar memiliki bayak sekali pilihan, sehingga para konsumen dapat menentukan produk sinkron dengan keinginannya masing-masing. 

Konsumen akan mendapatkan harga standar karana harga yang diproduksi oleh Produsen sangat lemah. Ini disebabkan karena persaingan yang ketat. 

Produsen akan lebih fokus untuk memuaskan konsumen dengan menyampaikan kualitas terbaik serta harga terjangkau sebab ketatnya persaingan antar sesama penjual. Dan hal ini akan menguntungkan bagi konsumen

Disebabkan persaingan yg ketat, Produsen akan senantiasa melakukan perkembangan serta inovasi produk supaya produk bisa terus berkembang. 

 Kekurangan Pasar Oligopoli Selain kelebihan diatas, pasar oligopoli juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya : 

 produsen baru akan sulit berkompetisi karena ketatnya persaingan antara sesame produsen dan Sebagian besar pasar telah dikuasai oleh produsen lama . 

Sering terjadi perang harga antar produsen  

Tindakan Produsen yang berkuasa dalam sebuah pasar oligopoli akan sangat berpengaruh bagi pasar serta juga bagi produsen yang lain. Tindakan ini bisa merugikan atau menguntungkan, namun tetap harus diikuti supaya dapat bertahan didalam pasar. 

Memerlukan modal yang besar untuk melakukan promosi supaya konsumen senantiasa mengenali merek tersebut dan dapat membedakan produk satu dan yanh lainnya. 

Pemborosan sumber daya ekonomi.

PASAR MONOPOLI

 Pasar Monopoli artinya suatu bentuk pasar dimana hanya ada satu Produsen yg menguasai pasar. produsen yang menguasai pasar monopoli disebut monopolois. Persaingan usaha monopoli dapat menguntungkan konsumen dalam menerima kualitas layanan yang lebih baik. Perusahaan tidak dapat mengalahkan pesaing hanya karena disebabkan oleh harga tapi karena layanan yang berkualitas pula ini merupakan strategi utama didalam mempertahankan pelanggan. syarat ideal pada pasar ialah bila penjual dan pembeli mempunyai info yang sama tentang suatu barang yang akan pada perjual belikan maka Jika salah satu pihak tak memiliki informasi yang mirip seperti yang di miliki sang pihak lain maka salah satu pihak akan merasa di rugikan serta terjadi kecurangan atau penipuan.

Artikel ini Saya susun guna menyelesaikan tugas Ekonomi Mikro, Terimakasih Banyak kepada yang sudah membaca Artikel yang penuh kekurangan ini.

Universitas Palangkaraya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi, 2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun