Mohon tunggu...
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris Mohon Tunggu... Penulis - Menikmati menulis dan membaca dalam bertualang makna kehidupan menuju kebijaksanaan abadi.

Penulis, Pembaca, Petualang, dan Pencari Makna.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Literasi Nurani 10: Memaknai Makna Perjalanan Pengalaman ala Hesse

9 Juli 2021   18:18 Diperbarui: 9 Juli 2021   19:52 104 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Literasi Nurani 10: Memaknai Makna Perjalanan Pengalaman ala Hesse
Dok. Pribadi

Perjalanan ke Timur (The Journey to the East)

Hermann Hesse

Penerbit Tirai (Bantam Books Ltd. Oxford)

2004 (2000)

Mencari dan menemukan makna dalam setiap sisi kehidupan sejatinya adalah sebuah kebutuhan absolut manusia untuk menjadikan hidup ini berguna dan bermakna. "Perjalanan ke Timur" berusaha menembus ruang dan waktu melampaui kekuatan zaman untuk menemukan kebenaran sejati. Berbagai pemikiran mengalir deras menusuk asa dan rasa untuk menemukan keselarasan nurani dalam relasi. Segala kegelisahan-kegelisahan yang dimunculkan dalam cerita begitu tajam untuk membuka kesadaran manusia pada sisi lain dari setiap peristiwa kehidupan.

Illustrasi. www.comfortlife.ca
Illustrasi. www.comfortlife.ca
Perjalanan ke timur memberikan analogi pada berbagai dialog kebijaksanaan untuk merangkai benang merah kehidupan. Novel ini menjadi sangat istimewa lantaran kedalaman dan keseimbangan gayanya serta bisa melihat keaslian pikiran Hermann Hesse. Membaca novel ini akan dibawa pada kekuatan makna dalam setiap dialog para tokoh di dalamnya. Perjalanan menjadi sebuah semiotika pada pencarian nilai-nilai luhur yang mengarah pada peradaban kebijaksanaan.

Perjalanan ke timur merupakan simbolik dari sebuah bahasa kesadaran yang memberikan suatu perubahan besar dalam diri seorang Hermann. Dalam perjalanannya ke timur inilah, Hermann banyak mendapatkan pengalaman spiritual dan kisah-kisah yang bisa menggetarkan hati dan kesadarannya. Begitupula, pembaca akan dibawa pada kesadaran untuk mengolah pada kedalaman rohani.

Selamat Membaca, mari meliterasi diri kita dalam menemukan pembelajaran hidup lewat ide-ide dan inspirasi dari Perjalanan ke Timur dalam memaknai kehidupan.

Illustrasi Literasi Nurani. esajib.com
Illustrasi Literasi Nurani. esajib.com
@LITERASI NURANI, merupakan percikan-percikan inspirasi dan motivasi untuk terus-menerus belajar sepanjang hayat dalam memanusiakan diri kita sebagai manusia yang berharkat dan bermartabat. Literasi ini hendaknya menjadi sebuah habitus (kebiasaan) baik yang juga memotivasi dan menginspirasi orang lain. Mari jadikan hidup ini sebagai berkah dan anugerah untuk berbagi kasih.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x