Mohon tunggu...
Martha Andriyani
Martha Andriyani Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ibu-ibu anak satu yang tidak lagi muda namun tetap giat belajar untuk menggapai cita-cita

Indonesian living in Italy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Pemasaran Digital pada Masa Pandemi untuk UMKM

8 Desember 2021   02:59 Diperbarui: 8 Desember 2021   03:06 88 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi pribadi


Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini memberikan dampak terhadap berbagai sektor. Salah satunya perubahan pada perilaku konsumen. Hal ini disebabkan karena terbatasnya mobilitas masyarakat untuk melakukan kegiatan yang biasa dilakukan sebelum pandemi. 

Konsumen menghindari adanya kontak fisik dan beralih melakukan berbagai aktifitas nya secara virtual. Pada tataran ekonomi global, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat signifikan pada perekonomian domestik negara-bangsa dan salah satu nya keberadaan UMKM.

Oleh karena itu pengetahuan mengenai pemasaran digital sangat diperlukan bagi pelaku usaha dalam menjaga eksistensi bisnisnya serta untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggannya.  

Untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pemasaran digital pada era pandemi ini, Mahasiswa Universitas Mercubuana Fakultas Ilmu Komunikasi Bidang Studi Periklanan dan Komunikasi Pemasaran memanfaatkan Kegiatan Kuliah Peduli Negeri  berupaya memberikan kontribusi nyata dengan mengadakan Webinar
bertema "Post Pandemic Digital Marketing" sebagai salah satu pemecahan masalah yang tengah terjadi di kalangan UMKM.

Webinar yang bertajuk #Digitalk ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2021 pada pukul 10.00 hingga 11.30 WIB dengan dihadiri 7 mitra UMKM. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu mitra UMKM guna memahami pentingnya ilmu Pemasaran Digital sebagai perbekalan setiap individu dimasa yang akan datang.

Melalui aplikasi Zoom Meeting, acara dibuka oleh Feriana Edwan Travelin sebagai Mc dan Moderator acara. Selama pelaksanaan acara mitra UMKM sangat antusias mempelajari ilmu Post Pandemic Digital Marketing yang disampaikan oleh dua pemateri yakni Martha Andriyani K dan Vira Fatma Elisa yang merupakan mahasiswa FIKOM Universitas Mercu Buana Jakarta.

Selain mendapatkan ilmu seputar Post Pandemic Digital Marketing dari dua pemateri, mitra UMKM juga berkesempatan mengajukan pertanyaan kepada pemateri terkait materi yang disampaikan. selain itu disediakan doorprize Voucher Gopay senilai 100 ribu rupiah untuk 2 orang mitra UMKM. 

Hal lain yang menarik dari acara ini adalah semua mitra UMKM yang hadir akan  dipromosikan akun instagramnya pada akun Instagram Digitalk.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mitra UMKM mengerti akan pentingnya pemasaran digital sebagai alat untuk mempertahankan bisnis nya pada era pandemi ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan