Mohon tunggu...
Travel

Bekas Tambang Emas, Bantar Karet Menyulap Diri Jadi Kawasan Wisata

30 Oktober 2020   00:30 Diperbarui: 30 Oktober 2020   00:32 9 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bekas Tambang Emas, Bantar Karet Menyulap Diri Jadi Kawasan Wisata
dokumentasi pribadi

Bantar Karet, sebuah desa yang jauh dari hiruk pikuk kota yang terletak di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Tidak banyak yang tahu, bahwa Bantar Karet sebelumnya merupakan wilayah penambangan sejak tahun 1994. 

Kini setelah aktifitas penambangan menurun, Bantar Karet  menyulap diri menjadi kawasan wisata. Dengan memanfaatkan lokasi bekas tambang, pemerintah dan aparatur setempat mulai berupaya menjadikan Bantar Karet sebagai salah satu objek wisata.

Meskipun merupakan bekas tambang, Bantar Karet memiliki pemandangan yang cukup asri. Berada jauh dari pusat kota, menjadikan Bantar Karet salah satu pilihan destinasi wisata bagi masyarakat kota yang ingin menikmati udara segar dengan pemandangan alam yang indah.

Beberapa destinasi yang dapat dikunjungi di Bantar karet antara lain; museum tambang Pongkor, Cikaret, Sawah Lega, Curug Love, dan beberapa curug lainnya yang berada dalam GNP, Geopark Nasional Pongkor. Selain destinasi tersebut, pemerintah setempat bekerja sama dengan masyarakat sekitar masih terus menggali potensi-potensi wisata yang ada di Desa Bantar Karet mengingat alam Bantar Karet masih sangat asri dan alami.

Tidak hanya destinasi wisata yang cukup banyak, wisatawan juga dimanjakan dengan sambutan hangat masyarakat setempat, serta tersedianya penginapan atau homestay yang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin bermalam dan ingin menikmati suasana dan pemandangan alam yang indah di Bantar Karet.

VIDEO PILIHAN