Ketika kamu menulis di media digital, kamu ingin tulisanmu berada di halaman pertama di google? Hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil! Yuk simak beberapa penjelasan dibawah ini!
Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar istilah Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)?
Secara sederhana, SEO dan SEM digunakan oleh para pengguna digital agar produknya bisa diketahui oleh masyarakat luas ketika mereka mencari di google.
Ketika kita mengetik 'makanan enak di Solo', google dapat memberikan suggestion kepada pengguna untuk mendapatkan hal tersebut, mulai dari harga yang termahal, varian yang beragam atau mungkin restoran yang jarang dikunjungi masyarakat Solo.
Search Engine Marketing (SEM)
SEM merupakan bagaimana seseorang mempromosikan produknya ketika berjualan. Sebagai contoh, ketika kamu ingin berjualan melalui instagram, kamu sebagai produsen harus 'mempercantik' instagram dari segi konten, layout, tone warna, caption dan segala macam detailnya, setelah itu baru kamu bisa mempromosikan produk yang kamu jual.
Ketika dari segi konten sudah cukup menarik untuk dilihat masyarakat luas, biasanya perusahaan membayar sejumlah nominal yang nantinya akan dibayarkan (ads) kepada google, agar produknya bisa berada di uratan teratas atau halaman pertama.
Ketika sudah menaruh ads atas website mereka, maka dikenal istilah pay per click (ppc) dimana mereka harus membayar sejumlah nominal yang telah disepakati ketika orang-orang membuka website tersebut.
Salah satu keuntungan SEM adalah, pengelola website dapat melihat analytical service atau secara detail berapa orang yang berkunjung ke website, berapa rentan usia pengunjung, berasal dari mana, dan data secara detail lainnya. Adanya data-data tersebut dapat membuat pengelola mengetahui target pasar dari website tersebut.