Mohon tunggu...
Maria Mediatrix
Maria Mediatrix Mohon Tunggu... mahasiswa

Masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Media

5 Cara Jitu Menyampaikan Berita jadi Konten Sosial Media ala detikcom

3 Mei 2020   22:52 Diperbarui: 4 Mei 2020   00:19 77 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Cara Jitu Menyampaikan Berita jadi Konten Sosial Media ala detikcom
kuliah daring detik.com


Hari senin, 27 april 2020 lalu, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya mengadakan kuliah daring dengan judul "Proses Produksi Konten dan Pengelolaan Media Sosial di Detikcom" dengan Elza Astari Retaduari sebagai Asisten Redaktur di Detikcom dan Meliyanti Setyorini Head of Content Delivery and Engagement di Detikcom. 

Meliyanti Setyorini membagikan 5 cara menyampaikan berita yang bisa jadi konten sosial media yang digunakan oleh detikcom. 5 cara tersebut adalah sebagai berikut :

1. Tentukan key performance indicator (KPI) :

Media sosial ditentukan dan tujuan dari pembuatan kanal media sosial tersebut juga harus ditentukan berdasarkan 3 aspek media sosial tersebut. Hal itu seperti, traffic (seberapa banyak orang yg mengunjungi lamanmu), engagement (seberapa banyak pembaca dan jenis respon audiens terhadap berita dibuat), dan branding (bagaimana citra kanal media sosial di mata para pembaca). Platform media sosial (instagram, facebook, twitter, ataupun youtube), tiktok, podcast dan lain - lain. 3 platform utama detikcom untuk share berita media sosial adalah Instagram, Twitter, dan Facebook. KPI ditentukan berdasarkan setiap jenis media sosial karena memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

2. Definisi pembacamu :

menentukan target usia pembaca di setiap media sosial, lokasi pembaca, dan kondisi sosial ekonomi pembaca juga perlu dipertimbangkan. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan isi artikel yang dijadikan sebagai konten di media sosial.

3. Pengemasan dan proses upload

Bagaimana cara berita yang telah dibuat oleh tim news diubah menjadi konten yang akan tampil di sosial media? 

Berita --> produksi dan pengemasan artikel, foto (diedit atau naik mentah), grafis (beberapa platform yang lebih cenderung visual karena pembaca lebih tertarik untuk melakukan share, memberi komentar, dan dibaca oleh pembaca), video (jadwal upload, upload ke media sosial yang mana, proses pengeditan ada yang salah atau perlu diulang atau tidak), caption yang diberikan casual atau formal, dan link utm artikel terkait --> tools/ content management system (CMS), yang seperti langsung diupload hari itu juga atau uploadnya sudah terjadwal. Jika seputar berita running, hard news, dan breaking news pasti langsung upload. Misalnya tim news kanal media online mengunggah berita hard news, 1 menit setelahnya tim konten medsos juga akan mengunggah hard news tersebut ke konten yang ada di media sosial. Kecuali berita yang bisa dijadwalkan, misalnya prime time pada waktu tertentu, kemudian artikel tersebut diunggah sesuai jadwal prime time.  -->  selesai mengunggah artikel berita tersebut ke konten media sosial.

4. Analisa hasil unggahan konten ke sosial media.

Analisa hasil artikel yang telah diunggah dengan melihat engagementnya tinggi atau rendah dengan strategi konten yang dibuat, traffic meningkat atau justru menurun harus dilihat juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x