Mohon tunggu...
Maria Fillieta Kusumantara
Maria Fillieta Kusumantara Mohon Tunggu... Administrasi - S1 Akuntansi Atma Jaya

Music Addict. Writer. Content creator

Selanjutnya

Tutup

Book

Diremehkan tapi Sangat Vital: Sefruit Curhatan Pekerja Perawatan

12 April 2024   15:35 Diperbarui: 12 April 2024   15:48 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : https://expertindo-training.com/

Coba bayangin apa jadinya rumah kalo gak disapu dan dipel? Lemarimu bakalan kosong melompong kalo baju-bajumu yang tiap hari kau pake ke kantor itu gak ada yang nyuci, njemur dan nyetrika. Oh my god, ya kali gw ke kantor telanjang bulat? Bisa diseret ke RSJ aku nanti. Aku langsung sadar begitu baca buku 'Menua dengan Gembira'nya Andina Dwifatma, betapa kerja perawatan yang kerap kali diremehkan itu sejatinya amat sangat vital. Sedihnya, pekerjaan yang paling banyak memakan waktu itu tidak tercantum dalam laporan resmi PDB negara. Padahal menurut Andina, pekerjaan itulah yang mendukung perekonomian negara. Gak cuman negara aja yang jahat, bahkan perempuan-perempuan muda pun kompak berkata 'Ngapain gw di sekolahin tinggi tinggi sama emak bapak gw kalo ujung-ujungnya gw cuma di rumah aja' atau lebih nyelekitnya lagi 'Susah susah belajar demi dapet beasiswa ke negri China, eh kok pulang ke Indo nganggur doank kayak Mbak Bintang dan Mas Adi di sitkom Tetangga Masa Gitu, malu ah'. Seolah dirinya gak berharga ketika memutuskan jadi pelaku kerja perawatan. Kalo dipikir nih, tanpa jasa mereka, kantor-kantor, toko, pusat perbelanjaan, hotel, restoran, kafe, dan pusat bisnis lainnya itu gak akan bisa jalan lho. Siapa juga yang betah kerja di kantor yang lantainya berdebu, penuh sampah, toiletnya bau, berkerak lagi, iya gak? Yang ada belom mulai kerja udah mual-mual duluan ewh. Aku setuju sama Andina, sudah saatnya emak-emak rumah tangga, office boy or girl, pembantu, babysitter dan care giver tidak lagi dipandang sebelah mata karena mereka juga butuh kesabaran, ketelatenan juga kedisiplinan tinggi demi memberikan kenyamanan bagi kita. Aku aja gak bisa bayangin kantorku tanpa mereka. Bisa-bisa aku ajuin resign deh. Lha terus kalo semua pegawai resign, gimana kantornya mau dapat pendapatan hayo? Menurutku sih, kamu harus banget baca buku ini. Bahasannya ringan dan sangat relate dengan kehidupan kita sehari-hari. Pantes aja ratingnya 4,2 di Goodreads. Sekeren itu!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun