Mohon tunggu...
Marselinus Sil Paga
Marselinus Sil Paga Mohon Tunggu... Hoteliers - Praktisi Pariwisata di Bali

As you became a blessing to others,you set yourself up to be blessed.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pelajari Keahlian Anda Hari Ini

30 Oktober 2021   15:10 Diperbarui: 30 Oktober 2021   15:12 86 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

"Anda tidak dapat mengubah tempat Anda memulai,tetapi Anda dapat mengubah arah yang Anda tuju.Yang penting bukan apa yang Anda lakukan,melainkan apa yang sedang Anda lakukan."(Napoleon Hill )

Diatas dinding sebuah Cafe sejuk di Ubud,Bali  tergantung sebuah papan kayu bertuliskan "Waktu terbaik menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu.

Waktu terbaik kedua adalah hari ini".Tidak ada waktu  selain hari ini untuk menjadi lebih baik dibandingkan hari kemarin. Kita mungkin saja mengeluhkan betapa banyak waktu dan kesempatan telah kita lewatkan sia-sia. Bisa juga kita terus berharap mendapatkan pembimbing yang tepat untuk menggerakan segenap potensi kita. 

Terus menoleh ke belakang dan menyesali diri tidak akan merubah apapun.Toh pada akhirnya semuanya berpulang pada diri kita sendiri untuk memulai. Bukan menunda hingga besok tetapi berani melakukannya mulai hari ini. 

Telisik lebih dalam potensi yang ada dalam diri. Mungkin saja di dalam sana berdiam suatu potensi luarbiasa yang bila diasah terus akan menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih hebat dan tangguh dari sebelumnya.

Sejenak mengambil waktu menoleh kebelakang,begitu banyak kehilangan yang kita alami sebagai akibat dari pandemi Covid19 yang entah kapan akan berakhir.

Ada banyak keluarga,sahabat dan orang-orang terdekat kita yang pada akhirnya  menyerah pada ganasnya virus ini.Kehilangan lain adalah sumber penghasilan. Jika sebelumnya berkecukupan, hari-hari ini kita ekstra hati-hati mengelola keuangan yang sumbernya mulai terbatas setidaknya kesediaan lapangan pekerjaan.  

Lantas,apa yang harus kita lakukan untuk tetap bertahan bahkan melampauinya. Terhadap hal ini,mestinya kita tidak perlu khawatir berlebihan sebab Tuhan telah memberikan kita kemampuan beradaptasi diatas rata-rata. Kemampuan beradaptasi  jika terus dikembangkan akan membawa kita ke zona yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya.Karena tidak ada kata terlambat untuk mengembangkan potensi diri.

Ada beberapa cara yang dapat  dilakukan untuk menggali dan mengembangkan potensi dalam diri kita yaitu :

          1. Melakukan tes minat dan bakat

Tes ini dapat membantu kita menguji minta dan kompetensi yang ada dalam diri kita.Hasil dari tes ini dapat dijadikan panduan dalam mencari pekerjaan yang cocok atau memilih pendidikan yang tepat yang kelak akan membantu kita mengembangkan kemampuan kita.

2. Tanyai orang-orang terdekat

Jangan sungkan  untuk meminta pendapat orang-orang terdekat tentang keunggulan atau potensi yang ada dalam dirimu. Jika orang terdekat menganggap bahwa Anda memiliki kemampuan dalam hal matematika, maka pakailah  padangan untuk terus mengasah kemampuan matematikamu. 

Kemampuan matematika dapat menuntunmu menjadi  akuntan atau manager keuangan kelak. Jalin komunikasi dengan sahabat,keluarga maupun kenalan yang telah terlebih dahulu terjun dalam dunia keuangan dan jadikan mereka sebagai mentormu.

3. Cobai hal-hal baru

Mencobai hal-hal baru dapat membantu kita untuk menemukan potensi lain dalam diri kita.Hal ini dapat dilakukan dengan bergabung dalam berbagai organisasi maupun komunitas-komunitas. Ditempat ini banyak hal baru yang akan kita temui. Selain ilmu, relasi baru pun terbangun.

4. Tinggalkan zona nyaman

Berdiam terlalu lama di zona akan membuat kita enggan untuk mengembangkan diri.Jika mengambil opsi ini,pastikan kita telah mempersiapkan diri kita sebaik mungkin. Kelak jika kita berhasil beradaptasi di zona baru, maka kualitas diri kita akan semakin baik sebab kita telah berhasil menaklukan kekhawatiran dalam diri kita dan menunjukan kemampuan adaptasi kita.

5. Menerima kekurangan diri sendiri

Sesungguhnya tidak ada manusia yang sempurna. Begitupun dengan diri kita.Kita tidak perlu menyesali kekurangan yang ada dalam diri kita apalagi menjadi minder karenanya. Ingatlah juga bahwa orang lain pun memiliki kekurangan namun mereka berhasil mengatasinya.

Mengutip  Nicole Red "Sometimes the bad things that happen in our lives put us directly on the path to the most wonderful things that will ever happen to us" ( Terkadang hal-hal buruk yang terjadi dalam diri kita akan menempatkan kita  langsung di jalan menuju hal-hal yang paling inidah yang akan terjadi dalam hidup kita ) .

Selamat bergelut dengan perubahan. 

  

 

 

   

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan