Mohon tunggu...
Sujono Arwana
Sujono Arwana Mohon Tunggu... Penulis Artikel Biasa

Hanya pemilik Blog Kecil yang membahas issue dan juga sedikit tertarik dengan perkembangan dunia marketing. Visit my blog: https://certiabisnismereka.blogspot.com/ https://marketingsaya.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Bedanya WA Bisnis dengan WA Biasa

27 Oktober 2020   15:34 Diperbarui: 27 Oktober 2020   16:44 10 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bedanya WA Bisnis dengan WA Biasa
sumber gambar whatsapp business

Pada masa awal peluncurannya, WhatsApp bisnis disambut positif oleh seluruh orang, termasuk para pengusaha kecil. Indonesia menjadi negara Asia pertama yang dapat merasakan aplikasi WhatsApp bisnis ini. Sebelum Indonesia, terdapat negara lain yang sudah lebih dulu merasakan aplikasi WhatsApp bisnis ini seperti Amerika Serikat, Meksiko, dan Italia. 

Aplikasi WhatsApp biasa saja sebenarnya sudah cukup untuk menunjang bisnis, tapi pihak WhatsApp merasa seperti ada yang kurang dan tidak powerfull untuk bisnis. Oleh karena itu, pihak WhatsApp pun mengeluarkan aplikasi terbaru mereka yakni WhatsApp Bisnis. Aplikasi WA Business ini sebenarnya sama seperti aplikasi WhatsApp biasa, sama-sama memiliki tampilan yang simple. 

Hanya saja, aplikasi ini dibuat dan didesign khusus untuk para pebisnis, mulai dari pebisnis kecil hingga besar dapat menggunakan aplikasi WhatsApp bisnis ini secara gratis.

Perbedaan Mencolok Antara WhatsApp Bisnis Dengan WhatsApp Biasa

Walaupun terlihat sama, kedua aplikasi ini memiliki perbedaan yang cukup besar, diantaranya adalah:

  • Fitur dan Logo Aplikasi

WhatsApp Messanger atau WA reguler memiliki logo dengan gambar gagang telepon dan warna hijau yang khas. Sedangkan untuk whatsapp bisnis memiliki logo huruf B kapital dengan warna hijau yang khas dari WhatsApp.

Perbedaan lain dari kedua aplikasi ini juga terlihat dari fitur yang dihadirkan. Contohnya: fitur untuk melihat data statistik pesan yang sudah dikirim dan dibaca oleh konsumen yang ada pada aplikasi WA bisnis. Fitur tersebut tentunya tidak ada dan tidak dimiliki oleh WhatsApp biasa. 

  • Nomor Telepon Kantor

Aplikasi WhatsApp business mengizinkan Anda untuk menambahkan nomor telepon pribadi ataupun nomor telepon tempat usaha Anda. Anda tidak akan bisa menambahkan nomor telepon tempat usaha pada aplikasi WhatsApp yang biasa.

  • Fitur Balas Pesan Otomatis

Aplikasi Whatsapp bisnis memiliki fitur untuk membalas pesan secara cepat dan otomatis. Fitur ini sangat berguna jika Anda sedang sibuk atau sedang tidak memegang ponsel Anda. Fitur balasan pesan otomatis ini tidak tersedia di aplikasi WhatsApp messenger biasa. Fitur ini juga sangat menguntungkan dan bermanfaat untuk para pemilik bisnis, karena dapat digunakan untuk membantu mereka dalam menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para konsumen mereka.

  • Fitur Akun Bisnis Verified

Agar dapat menggunakan WhatsApp baisa, penggunanya perlumemerlukan verifikasi nomor telepon. Sedangkan untuk menggunakan aplikasi whatsapp bisnis ini, penggunanya tidak perlu melakukan verifikasi nomor telepon biasa pada saat mendaftar. Tapi menggunakan nomor telepon perusahaan atau tempat usaha untuk melakukan verifikasi. Verifikasi yang berhasil dan disetujui oleh pihak WhatsApp, maka akan diberikan lambang centang hijau disamping nama akun WA bisnisnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x