kreatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang terpatri kuat dalam diri seorang wirausaha sejati.
bisnis yang dilandasi upaya kreatif dan inovatif dari sang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang abadi.
lingkungan bisnis yang dinamis menurut wirausaha untuk selalu adaptif  dan mencari terobosan terbaru.
karakter cepat berpuas diri dan cederung stagnan sama saja membawa bisnis ke arah kematian.
pemahaman kreatif dan inovatif sering sekali dipertukarkan satu sama lain.
Menurut Zimmerer dkk (2009) kreatifitas adalah kemampua untuk megembangkan ide ide yang baru dan untuk menemukan cara cara baru dalam melihat masalah dan peluang.
inovasi adalah kemampuan untuk menenerapkan solusi kreatif  masalah dalam peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang.
selanjutnya ted  levitt (dalam Zimmerer, 2009) menyatakan bahwa kreatifitas memikirkan hal hal baru dan inovasi hal hal baru.
jadi kreatif adalah sifat yang selalu mecari cara cara baru dan inovatif adalah  sifat yang menerapkan solusi kreatif. kreatif tapi tidak  inovatif adalah mubazir karna ide hanya  sdebatas pemikiran tanpa ada nya realisasi.
semua bisnis yang maju dan berkembang hingga kini bepangkal pada upaya kreatif dan inovatif. Banyak restoran waralaba asing yang telah mengglobal dan berdiri sejak puluhan tahun yang lalu selalu menunjukan karakter ini.
seperti begitu mudah dan sederhana. tetapi banyak wirausaha yang abai ketika bisnis telah dirasakan mencapai tingkat kemapanan.
kreatifitas dan inovasi mugkin dapat di pandang sebagai upaya yang menggaggu keseimbagan yang telah tercipta.
kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. kunci nya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar.
seorang member MRC misalnya, ketika ketika pelanggan sudah mulai jenuh dengan fried chicke, ia masih melihat ada peluang lai yang masih di kembangakan.
berhubung gerainya ada di kantin sekolah, ia mencoba memahami selera siswa. kebanyakan siswa menyukain selera bumbu keju.
ia memiliki ide gimana bumbu keju di gabungkan dengan ayam.
pemikiran kreatif ini kemudian dikembangkan menjadi produk yang dinamai : cheesy chicken. Hasilnya lumayan bagus.
setelah tes pasar dan dijual terbatas, pelanggan begitu menyukai menu ini. pelanggan selalu mencari cari dan selalu terjual habis.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI