Mohon tunggu...
Manajemen BencanaUnhan
Manajemen BencanaUnhan Mohon Tunggu... Program Studi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan cohort 10

Progam studi bagian dari Universitas Pertahanan Indonesia yang berfokus pada Manajemen Bencana dalam perspektif keamanan dan ketahanan nasional.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Manajemen Bencana UNHAN Tampilkan Paduan Suara pada Rakornas PB 2020

4 Februari 2020   20:19 Diperbarui: 4 Februari 2020   20:29 4 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Manajemen Bencana UNHAN Tampilkan Paduan Suara pada Rakornas PB 2020
dok. pribadi

Bogor -- Mahasiswa Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional (FKN) Universitas Pertahanan (Unhan) Tampilkan Paduan Suara pada Rapat koordinasi Penanggulangan Bencana 2020 yang diselenggarakan oleh BNPB dengan tema "Penanggulangan Bencana Urusan Bersama", kegiatan dibuka oleh Presiden RI H. Joko Widodo, bertempat di SICC Sentul Bogor. Selasa, (4/2).

Acara dibuka dengan laporan Ka. BNPB Letjen TNI Dony Mobardo, Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang melaporkan kepada Presiden RI tentang rangkaian acara Rakornas yang telah dilakukan.

Ka. BNPB juga melaporkan jumlah peserta yang mengikuti  Rakornas 2020  lebih dari 10.000 peserta baik  dari instansi pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi/peneliti serta  media massa.

Presiden RI  Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan terkait penanggulangan bencana yang dari tahun ke tahun mengaami peningkatan, sedangkan kita sering gelagapan dalam penanganannya.

Upaya mitigasi bencana dengan membangun infrastruktur penting dilakukan, namun perbaikan ekologi harus dilakukan. Pendekatan vegetasi dengan penanaman pohon keras dan tanaman akarcpanjang "vertiver" perlu digalakkan di seluruh pelosok daerahvrawan bencana.

Presiden Jokowi  memerintahkkan   kepada Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota bersinergi melaksanakan upaya pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan, dengan penataan ruang berbasis Risiko Bencana; membuatvrencana kontijensi termasuk kesiapan sarana prasarana, SDM dan anggaran; penanganan bencana harus dilaksanakn secara kolaboratif antara pemerintah, akademisi dan peneliti, masyarakat, dunia usaha dan mass media; meningkatkan pola kepemimpinan dan SDM yang handal; serta Pangloma TNI dan Polri  terus ikut dalam upaya penanggulangan bencana guna penegakkan hukum, pengerahan sumber daya nasional serta bersinergi dengan BNPB dan pemerintah daerah. Presiden memberikan apresiasi kepada seluruh relawan penanggulangan bencana yang selalu hadir dalam setiap kejadian bencana.

dok. pribadi
dok. pribadi
Pada Pembukaan Rakornas, Mahasiswa MB Unhan mendapat tugas kehormatan  sebagai Tim Paduan Suara yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Tangguh Bencana di depan Presiden RI H. Joko Widodo beserta seluruh  acara Pembukaan peserta Rakornas.

Sebagai kelompok akademisi, Universitas Pertahanan dengan program studi Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional (FKN) telah terlibat langsung   pada kegiatan Rakornas PB BNPB. Terlebih keberadaan Prodi MB Unhan, pendiriannya juga dibidani oleh  BNPB. Selama Rakornas Mahasiswa MB  telah ikut dalam kegiatan enam panel diskusi bidang Kebencanaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan hasil-hasil seminar, serta pemberian penghargaan kepada para penggiat yang berprestasi luar biasa di bidang kebencanaan.

Acara Rakornas ditutup dengan persembahan Paduan Suara Mahasiswa MB Unhan, yang kembali menyanyikan  Mars Tangguh Bencana. Kegiatan ini diikuti oleh Ribuan peserta yang berasal dari BPBD seluruh Indonesia, masyarakat penggiat kebencanaan, dunia usaha, pakar/ akademisi dan kalangan media, serta TNI dan Polri.

VIDEO PILIHAN