Mohon tunggu...
Manajemen BencanaUnhan
Manajemen BencanaUnhan Mohon Tunggu... Program Studi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan cohort 10

Progam studi bagian dari Universitas Pertahanan Indonesia yang berfokus pada Manajemen Bencana dalam perspektif keamanan dan ketahanan nasional.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

UNHAN Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bencana Longsor di Kabupaten Bogor

25 Januari 2020   18:33 Diperbarui: 25 Januari 2020   18:40 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
UNHAN Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bencana Longsor di Kabupaten Bogor
Dok. pribadi


Sebagai bentuk kepedulian terhadap fenomena Hindrometeorologi, yang berdampak terjadinaya bencana banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Indonesia.  Dekan Fakultas Keamanan Nasional Laksda TNI DR. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT  memipin kegiatan Bhakti Sosial "Unhan Peduli Bencana"  dengan melaksanakan  kegiatan penggalian dana secara sukarela di lingkungan Kampus Unhan serta menyalurkannya bantuan yang terkumpul kepada korban terdampak banjir dan longsor di kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor pada Jumat (24/01).

Unhan sebagai perguruan tinggi Negeri, yang salah satunya memiliki Prodi Manajemen Bencana, merespon kejadian bencana yang terjadi pada awal tahun dengan serangkaian kegiatan Yang bertemakan Unhan Peduli Bencana antara lain: melibatkan mahasiswa Program Magister Prodi Manajemen Bencana, secara bergilir melaksanakan piket di Puskodalops BNPB yang bertugas untuk memantau perkembangan situasi dan kondisi tentang kebencanaan di seluruh wilayah Indonesia, penggalangan dan di lingkungan kampus Unhan, serta bhakti sosial dengan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban terdampak longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Kegiatan penyerahan bantuan Unhan kepada Masyarakat di Kec. Sukajaya dilaksanakan oleh 30 mahasiswa MB yang didampingi Dosen MB FKN Unhan. Bantuan tersebut berupa Bahan-bahan Pokok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kecamatan Sukajaya Bogor.
Turut mendampingi Mahasiswa Unhan pada kegiatan tersebut dari Petugas Posko BNPB dan Komandan Kodim 0621/Kabupaten Bogor (Letkol Inf. Harry  Eko Sutrisno).

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Seluruh mahasiswa Unhan terlihat sangat antusias melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Unhan Peduli Bencana. Hal tersebut,  selain memberikan bantuan kemanusiaan, hal ini juga dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran bagi mahasiswa tentang realita implementasi kegiatan penanggulangan  bencana dilaksanakan, serta kendala-kendala yang dihadapi.

Dengan didampingi oleh Tim Puskodal BNPB,  mahasiswa yang terjun langsung di lapangan juga ikut terlibat langsung membantu  kegiatan Dapur Umum dan kegiatan lain dalam masa tanggap darurat bencana.

Harapannya, sekecil apapun bantuan yang diberikan melalu kegiatan UNHAN PEDULI BENCANA kali ini, dapat memberikan kebermanfaatan yang besar bagi masyarakat yang terdampak menggugah kepedulian agar lebih banyak lagi pihak yang mau mengulurkan tangan membantu sesama yang menjadi korban bencana. Salam Tangguh  dan Salam Bela Negara !

VIDEO PILIHAN