Mohon tunggu...
Manajemen BencanaUnhan
Manajemen BencanaUnhan Mohon Tunggu... Program Studi Manajemen Bencana Universitas Pertahanan cohort 10

Progam studi bagian dari Universitas Pertahanan Indonesia yang berfokus pada Manajemen Bencana dalam perspektif keamanan dan ketahanan nasional.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa Unhan Laksanakan Kunjungan Lapang ke INA-DRTG Sentul

20 September 2019   12:13 Diperbarui: 20 September 2019   12:12 41 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa Unhan Laksanakan Kunjungan Lapang ke INA-DRTG Sentul
Dokumentasi pribadi

Bogor -- Mahasiswa Program Studi S2 Manajemen Bencana Universitas Pertahanan (Unhan) dalam rangka meningkatkan kapasistas melaksanakan kunjungan lapangan ke Indonesia Disaster Relief Training Ground (INA-DRTG) yang dipimpin oleh Ses Prodi Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional Unhan Kolonel Kes Dr. IDK. Kertawidana, SKM., MKKK. Bertempat di Kawasan IPSC Sentul-Bogor. Kamis, (19/9). 

Sebanyak 30 Mahasiswa Program Studi S2 Manajemen Bencana Universitas Pertahanan (Unhan)  diajak mengenal lebih dekat tentang logistik dan peralatan kebencanaan, serta menyaksikan langsung model pelatihan dan simulasi penyelamatan korban bencana.

Ses Prodi Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional Unhan dalam sambutannya mengatakan kunjungan ini merupakan agenda rutin pada awal perkuliahan, yang diinisiasi  Program Studi S2 Manajemen Bencana Unhan. Setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk berhubungan langsung dengan lembaga yang berkaitan erat dengan kebencanaan. 

Kegiatan ini juga dalam rangka membina hubungan baik dan membangun sinergitas antara Unhan dengan BNPB yang juga merupakan salah satu pendiri Program Studi S2 Manajemen Bencana Unhan.

Kunjungan lapang menjadi sebuah urgensi tersendiri karena mahasiswa S2 Manajemen Bencana yang berasal dari berbagai disiplin ilmu. Maka disinilah pentingnya kunjungan lapangan. Ini bisa  memberikan gambaran tentang  berbagai peralatan dan logistik terkait kebencanaan. 

Dalam waktu dekat, Prodi MB Unhan bersama Pusdiklat PB-BNPB akan melaksanakan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana Angkatan ke-2. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan ilmunya di masyarakat, khususnya di bidang kebencanaan.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Selain diperkenalkan mekanisme kerja Pusdalops PB, biorama bencana, logistik dan peralatan serta kebaruan teknologi dalam penanggulangan bencana, para mahasiswa juga diajak merasakan langsung berbagai tipe guncangan dan skala gempa dari   peralatan simulasi gempa.

Diakhir kunjungan, mahasiswa dapat menyaksikan secara langsung peragaan penyelamatan korban cedera dari dalam jurang oleh tim BNPB.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x