Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Apoteker - Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Manfaatkan Cangkang Telur untuk Usir Siput

26 September 2021   05:56 Diperbarui: 26 September 2021   06:44 159 13 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Manfaatkan Cangkang Telur untuk Usir Siput
Siput tanaman atau bekicot rumah (Foto: pixabay.com/cancun)

Dulu di taman rumah saya, banyak siput alias bekicot. Entah datangnya dari mana, pokoknya siput ini semakin banyak dan beranak. Meskipun sering saya singkirkan dan buang, nanti datang lagi dan lagi.

Siput ini suka memakan daun tanaman. Tanaman acak adul dan rusak semua. Karenanya, saya kesal.

Siput taman alias bekicot. Salah satu hama tanaman (Foto : dokpri MomAbel)
Siput taman alias bekicot. Salah satu hama tanaman (Foto : dokpri MomAbel)
Suatu hari saya baca sekilas di media sosial, ada artikel yang mengatakan cangkang kulit telur bisa usir siput. Wah, langsung saya eksekusi untuk membuktikan.

Pas sekali karena cangkang telur adalah limbah dapur yang selalu ada. Apalagi kalau sering membuat kue. Limbah cangkang telur bisa banyak sekali.

Akhirnya, saya kumpulkan cangkang telur tersebut dalam plastik. Sebelumnya dicuci dan keringkan sebentar.

Ketika sudah banyak, saya hancurkan dalam wadah dengan ulekan. Memang ada artikel yang mengatakan untuk memblender cangkang telur supaya lebih halus hancurnya. Tapi pengalaman saya ketika diblender halus malah membuat saya terbatuk-batuk dan serbuk halusnya beterbangan. Jadi, saya ambil cara praktisnya saja.

Pemanfaatan limbah cangkang telur (Kiri : cangkang telur utuh, Kanan: cangkang telur setelah dihancurkan | Foto: dokpri MomAbel)
Pemanfaatan limbah cangkang telur (Kiri : cangkang telur utuh, Kanan: cangkang telur setelah dihancurkan | Foto: dokpri MomAbel)
Setelah itu baru saya taburkan di pot-pot tanaman sambil dicampur dengan tanah. Sejak itu, tak ada lagi siput mampir di taman depan rumah.

Manfaat lain dari cangkang telur, ternyata juga menutrisi tanaman sehingga tumbuh subur. Cangkang telur mengandung kalsium karbonat yang penting untuk pertumbuhan tanaman.

Jadi, sekarang saya tak ragu lagi untuk memanfaatkan limbah cangkang telur. Daripada terbuang, lebih baik pisahkan cangkang telur dan kumpulkan. Lumayan juga untuk pupuk alami tanaman.

Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan