Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Kawah Putih yang Eksotis

27 Maret 2021   19:00 Diperbarui: 28 Maret 2021   12:27 164 19 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Kawah Putih yang Eksotis
Kawah Putih Ciwidey dilihat dari Cantigi Skywalk (Foto : dokpri)

Bulan ini anak-anak ada libur tengah semester. Dari jauh hari, saya dan suami sepakat merencanakan liburan kecil sebagai sarana refreshing anak-anak. Kami sengaja mengambil liburan di hari kerja supaya lebih aman, nyaman, dan terhindar dari kerumunan.

Kali ini kami mencoba menjelajah daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Tujuan pertama kami adalah Kawah Putih. Jujur, kami belum pernah kesana padahal tempat wisata ini sudah terkenal dari jaman dahulu.

Akhirnya, hari Kamis (18/3) kemarin kami sekeluarga kesampaian berlibur di Kawah Putih. Sebuah pengalaman geowisata menyenangkan bersama anak-anak.

Panorama Alam yang Indah

Kira-kira jam 10.00 pagi kami sampai di kawasan wisata Kawah Putih. Perjalanan yang sangat lancar dari Cikarang. Anak-anak sangat antusias, meskipun si Bungsu sebenarnya tidak begitu tahu apa itu kawah. Mungkin anak umur 4 tahun itu yang penting jalan-jalan keluar dari rumah.

Sampai di depan lokasi, sebelum penjualan tiket, ada  desinfeksi untuk mobil dan pemeriksaan suhu tubuh. Setelah itu kami membeli tiket. Semua petugas bermasker dengan benar. Harga tiket masuk untuk mobil sebesar Rp 162.000 dan tiket terusan pengunjung (kalau tidak salah ingat) sebesar Rp 38.000.

Dari loket tiket menuju kawah merupakan perjalanan yang mengasyikkan. Kurang lebih sepanjang 5 km menuju ke kawah. Rasanya bahagia bisa menikmati hijau pepohonan, udara segar, suara burung dan satwa hutan. Udara terasa sejuk dan menyegarkan.

Pemandangan sepanjang jalan menuju ke Kawah Putih (Foto : dokpri)
Pemandangan sepanjang jalan menuju ke Kawah Putih (Foto : dokpri)
Kawah Putih yang Eksotis

Sampai di parkiran mobil, kami menyempatkan untuk ke toilet. Udara terasa dingin. Begitu juga air toilet yang sangat dingin. Tak banyak mobil yang parkir. Bisa jadi hanya 5-6 mobil saja.

Dengan bermasker, kami menuju ke Kawah Putih. Anak-anak sangat bersemangat. Kami harus menuruni tangga menuju kawah. Tangga ini sangat curam dan ketika pulang mendaki tangga ini cukup melelahkan.

Saya dan anak-anak sebelum menuruni tangga menuju Kawah Putih (Foto : dokpri)
Saya dan anak-anak sebelum menuruni tangga menuju Kawah Putih (Foto : dokpri)
Mendekati kawah, di jejeran anak tangga ini terlihat banyak orang duduk dan berkumpul. Awalnya saya kira pengunjung sekelompok anak muda. Ternyata mereka adalah para fotografer yang menawarkan jasa foto.

Tangga menuju ke Kawah Putih (Foto : dokpri)
Tangga menuju ke Kawah Putih (Foto : dokpri)
Suami pun memutuskan untuk memakai jasa mereka. Lumayan ada yang mengambilkan foto. Jadi kami bisa fokus dengan anak-anak. Biaya cetak foto sebesar 20 ribu rupiah, sedangkan untuk file soft copy cukup 10 ribu rupiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN