Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Data Digital Dunia dan Data Digital di Indonesia 2023

14 Februari 2023   23:49 Diperbarui: 15 Februari 2023   05:52 12434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto Datareporta 2023

Penggunaan akses internet oleh masyarakat secara global telah menjadi kebutuhan yang utama di mana segala bentuk aktivitas sudah  dilakukan secara digital.  Portal web Datareportal  pada bulan Januari-Februari 2023 menyampaikan laporannya terkait penggunaan internet secara global dengan judul laporan "Digital 2023: Global Overview Report dan juga tersedia laporan untuk seluruh negara di dunia., termasuk di Indomesia.

Total populasi secara global  sebanyak 8 Miliar, pengguna internet sebanyak 5,16 Miliar atau setara dengan 64,4 %. Pengguna sosial media sebanyak 4.76 Miliar setara dengan 59,4 %.  Waktu yang dihabiskan untuk mengakses secara online sebanyak 6 jam37 menit setiap harinya

Data Digital Indonesia berdasarkan Laporan Datareporta  bulan Februari  2023 adalah sebagai berikut:

1. Populasi Jumlah penduduk Indonesia sebanyak  276,4 juta pada Januari 2023.

2. Data GSMA Intelligence menunjukkan ada 353,8 juta (128 %) sambungan seluler di Indonesia pada awal tahun 2023.

3. Terdapat  212,9 juta pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2023  (77 %) dari jumlah penduduk.

4. Pengguna media sosial pada Januari 2023 sebanyak 167,0 juta (60,4 %) dari total populasi.

5. Pengguna Facebook sebanyak  119,9 juta (43.3% ) pengguna di Indonesia pada awal tahun 2023.

7. Pengguna YouTube sebanyak   139 juta (65,3 %) pengguna di Indonesia pada awal tahun 2023.

8. Pengguna  Instagram sebanyak 89,15 juta  (32,2 %)  pengguna di Indonesia pada awal tahun 2023.

9. Pengguna TikTok di Indonesia sebanyak  109,9 juta (56,8 %) Pengguna berusia 18 tahun ke atas

10. Pengguna Twitter di Indonesia sebanyak  24 juta (8,7 %) 

Penggunaan Media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Youtube sebanyak 65,3 % diikuti oleh Tiktok (56,8 %), Facebook (43,3 %),  Instagram (32,2%), dan  Twitter (8,7 %)

Dipresidiksi pada tahun 2024 pemggunaan media sosial akan didominasi oleh TikTok, hal ini disebabkan oleh 7 alasan:

1. Informasi yang tersedia merupakan informasi yang termasuk baru bahkan yang sedang viral di dunia nyata

2. Berita disajikan melalui siaran langsung oleh pengguna TikTok baik secara pribadi maupun kelompok. 

3. Media massa telah menggunakan  TikTok sebagai sarana penyebarkuasan informasi baik melalui berita pendek dan siaran langsung

4. Tampilan TikTok lebih interaktif dimana antar pengguna dapat saling berkomumikasi melalui pesan teks atau chat

5. TikTok merupakan media sosial yang kemasan multimedia dimana teks, gambar dan musik.bisa menjadi satu kesatuan 

6. Fakta dan berita yang tersajikan dapat langsung diklarifikasi  atau ditambahkan oleh antar pengguna TikTok

7. TikTok memyajikanfungsinhinuran yang digemari oleh pengguna media sosial kalangan kawula muda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun