Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

DKM Masjid Al-Muhajirin Dephan Pondok Rajeg-Cibinong Studi Banding ke Masjid Jogokaryan

27 September 2022   21:52 Diperbarui: 27 September 2022   21:59 240 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok WAG DKM Masjid Almuhajirin

                                                                                      

DKM Masjid Al-Muhajrirn Perum Dephan Pondok Rajeg Cibinong, Bogor-Jabar   melakukan Studi Banding ke  Masjid Jogokaryan  Yogyakarta. Studi Banding dilakukan pada tanggal 23-25 September 2022. Rombongan sebanyak 22 orang jamaah dipimpin langsung oleh Ketua DKM  Ustad Asep Rahman dan Sekretaris Umum Ustad Gunawan. Tujuan dari studi banding ini adalah untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan manajemen Masjid  Jogokaryan  Yogyakarta dan juga melihat secara langsung bagaimana suasana Masjid dan juga kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan di sekitar area masjid Jogokaryan.

Dalam liputannya di WAG DKM Almuhajirin 2022-2026, Ustad Gunawan mengirimkan beberapa foto kegiatan para rombongan selama di studi banding. Diantaranya ada foto kegiatan rombongan jamaah DKM Almuhajirin berfoto di depan Hotel Jogokaryan tempat para jamaah bermalam. Jamaah juga berfoto di halaman Masjid yang bertuliskan  nama masjid dan juga tahun berdirinya masjid di sana tertera tahun 1966. Dalam liputan videonya Ustad Gunawan menyiarkan dengan video  kondisi jamaah Masjid Almuhajirin yang baru saja menunaikan sholat magrib berjamaah dan juga menyampaikan kondisi  di halaman masjid yang dipenuhi oleh para jamaah terlihat dalam rekaman video area masjid juga dipenuhi oleh para pedagang makanan kaki lima atau angkringan dan juga terlihat bahwa masjid ini berada di persis di depan jalan raya.  Malam harinya para jamaah berwisata ke Jalan Malioboro.

Tanggal 24 September 2022, pada Pukul 03.51 wib, Ustad  Wariyanto juga mengirimkan video suasana di dalam masjid,  terlihat dalam rekaman video tersebut para jamaah yang sudah memenuhi masjid dan tertata rapi untuk persiapan sholat subuh berjamaah. Semoga suasana masjid di Jogokaryan bisa dijadikan motivasi para jamaah untuk memakmurkan Masjid Almuhajrin. Ustad Gunawan pada pukul 05.20 wib juha mengirimkan video yang berisi suasana di halaman masjid yag juga sudah dipenuhi oleh jamaah selepas sholat subuh berjamaah.

studi-banding1-63330b924addee4ff04ddad2.jpeg
studi-banding1-63330b924addee4ff04ddad2.jpeg

 Dok WAG DKM Masjid Almuhajirin

                                                                                        

Sekilas tentang Masjid Jogokaryan  Yogyakarta, Masjid ini mulai dibangun pada 20 September 2022, dan bangunannya mulai  dikembangkan  pada tahun 1978 dan dikembangkan lagi pada tahun 2009. Masjid ini menerapkan manajemen masjid zaman Rasullah dengan perpaduan  zaman modern dan dengan inovatif sehingga bisa diterima oleh masyarakat.

Beberapa keunggulan dari Masjid ini adalah adanya program kajian pekanan, memiliki tempat menginap tamu masjid syar'i di kompleks Masjid Jogokaryan dengan fasilitas yang cukup memadai. Kekuatan peta dakwah artinya masjid mengetahui wilayah kerja yang nyata dan jamaah yang terdata. Infaq nol rupiah, shodaqah ATM Masjid, mensholatkan orang hidup, kampoeng ramadha, Gerakan jamaah masjid dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan untuk memakmurkan masjid dan juga mensejahterkan masyarakat terutama yang ada disekitaran masjif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan