Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Martabak, Kuliner Idola Kalimulya-Depok

3 September 2022   19:06 Diperbarui: 3 September 2022   19:14 209 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kios Martabak Idola 1 Kalimulya | Dok pribadi

Sore ini, selepas sholat Ashar, healing sejenak dengan tunggangan sepeda motor metik kesayangan keliling sekitaran pondok rajeg-kalimulya.

Daerah seputaran Kalimulya-Depok tempatnya berbagai macam kuliner, mulai dari yang kaki lima (sebutan jadul kali ya) pokoknya kelas UMKM lah, sampai yang kelas Resto juga ada. Apalagi tempat nongkrong buat ngopi sudah banyak bertebaran.

Kembali ke laptop (Semoga Om Tukul Arwana cepat sembuh dan sehat kembali).  Ya Martabak, cerita kuliner sore ini.  Martabak merupakan makanan yang sudah terkenal diseantoro nusantara. 

Martabak  artinya dilipat, jadi memang cara masaknya dilipat-lipat, eh ini Martabak telor ya atau disebut juga martabak asin, bisa pakai telor ayam bisa juga telor bebek, racikannya pakai daging sapi dan seledri. 

Dari berbagai sumber Martabak ini dari Arab, dan ada juga yang menyebutnya dari India. Kalau mau tahu beneran mesti ke Perpustakaan bikin riset kecil-kecilan, sambil makan martabak juga bisa ke Perpustakaan, tinggal buka aplikasi Ipusnas, banyak tuh buku-buku tentang Martabak.

Dok pribadi
Dok pribadi

Disepanjang jalan Kalimulya bensin biru ada tiga kios martabak, Martabak Awang, Martabak Bangka, dan Martabak Idola. Pilihan sore ini beli di Martabak Idola 1. Selain menjual Martabak Telor, Kios ini juga menjual martabak manis (ada juga yang menyebutnya Terang Bulan). Jenis-jenisnya ada rasa original, pandan, pisang, black forest, red velvet, keju, susu wijen, dan macam-macam lainnya lagi, pokoknya ini tempat martabak yang super lengkap.

Oya Martabak yang saya pesan Martabak dengan 3 telor bebek, martabak telor ini makanan kesenangan Mama, dan dulu waktu saya kecil, Almarhum  Bapak saya (Alfatihah) sering membelikan martabak sepulang kerja, dan biasanya kami anak-anaknya saling berebutan, karena Orang tua kami punya 7 anak.

Harga Martabak di di Kios Martabak Idola boleh dibilang harga yang murah meriah, mulai dari harga 18 ribu sampai harga 46 ribu.

Healing sore ke kalimulya

Banyak kuliner luar biasa

Singgah sejenak Martabak dirasa

Dibawa pulang makan bersama

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan