Mohon tunggu...
M. Ali Amiruddin
M. Ali Amiruddin Mohon Tunggu... Penulis Biasa

Punya hobi menulis, jalan-jalan, silaturrahmi, nge-blog, youtuber atau content creator di MbGb Channel. Pemilik blog maliamiruddin57.blogspot.com, maliamiruddinmetro.blogspot.com. Pekerjaan pokoknya sebagai Kepala Keluarga dgn 1 istri dan 3 anak, sambil menjadi guru bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Metro Lampung

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengenali Tanaman Obat, Solusi Sederhana Sakit Si Kecil

12 Juli 2020   12:43 Diperbarui: 14 Juli 2020   09:18 52 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenali Tanaman Obat, Solusi Sederhana Sakit Si Kecil
Tanaman binahong (basella rubra Linn) salah satu tanaman obat yang bisa dijadikan alternatif pengobatan keluarga (dokumen pribadi)

Negeri kita terkenal dengan sebutan negeri loh jinawi. Negeri yang kaya akan aneka tumbuhan yang terserak di hamparan tanahnya. Bahkan  oleh seorang penyanyi kenamaan Koes Ploes, diabadikan dalam salah satu syairnya "tongkat kayu dan batu jadi tanaman". 

Syair tersebut ada dalam sebuah lagu "Kolam Susu". Lagu ini cukup legendaris dan seperti menceritakan betapa negeri ini amat kaya akan hasil bumi.

Seperti halnya apa yang disampaikan dalam lagu tersebut, tidak akan sulit kita temukan nama-nama atau jenis-jenis tanaman yang sejatinya amat berkhasiat atau mujarab bagi penyembuhan aneka penyakit. Salah satunya adalah tanaman Binahong.

Sebagaimana dirilis oleh doktersehat.com,  bahwa daun binahong merupakan salah satu tanaman obat. Manfaat daun binahong sendiri melimpah untuk berbagai kondisi kesehatan

Binahong berasal dari Korea dan cukup lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (bissela rubra Linn). Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang dingin dan lembab.

Karena begitu besar manfaat daun obat ini, maka saya beberapa bulan silam sudah menanam daun binahong ini di halaman rumah sebagai penghias, sekaligus sebagai tanaman obat yang bisa dijadikan alternatif untuk mengobati sakit keluarga.

Media yang sama juga merilis bahwa "binahong bermanfaat untuk mengobati masalah kulit, mengobati maag, mengatasi asam urat, mengatasi kolesterol, mencegah diabetes, mengobati sesak napas, mengatasi anemia, mengobati batuk, membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun, mengembalikan stamina yang hilang, mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan tekanan darah, membuat organ laki-laki menjadi keras dan tahan lama, mengatasi masalah haid, dan mengatasi anak yang susah makan.(doktersehat.com, 12/7/2020)

Berdasarkan artikel di atas tentu kita bisa mengambil banyak informasi bahwa banyak manfaat yang bisa diambil dari salah satu tanaman obat ini. 

Mengobati luka si kecil karena terbakar

Tiga hari yang lalu ibunya anak-anak sempat agak marah lantaran didapati tangan si kecil yang melepuh lantaran tersentuh lem tembak. Lem yang harus dipanaskan dengan energi listrik dengan temperatur tertentu agar lem tadi bisa meleleh dan bisa digunakan. 

Boleh jadi karena sang kakak lupa membereskan lem tadi maka tak sengaja mengenai tangan sang adik. Beruntungnya lukanya tidak terlalu lebar. Namun karena tersentuh logam yang panas maka kulit melepuh selebar hampir 2 cm.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x