Mohon tunggu...
M Alfian H
M Alfian H Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fian

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembukaan PMM, Mahasiswa UMM Bagikan Masker kepada Warga Desa Landungsari

31 Juli 2021   17:29 Diperbarui: 31 Juli 2021   17:44 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembukaan PMM, Mahasiswa UMM Bagikan Masker kepada Warga Desa Landungsari
Anggota kelompok 49 berkoordinasi dengan Kepala Desa Landungsari/dokpri

Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM sebagai pengganti dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang dalam pelaksanaannya mengalami berbagai hambatan karena dampak dari pandemi Covid-19. Kegiatan yang dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok ini bertujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat sesuai dengan peraturan UMM dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa.

Untuk mendukung kegiatan wajib tersebut, mahasiswa UMM yang tergabung dalam Kelompok 49 Gelombang 11 melakukan kegiatan PMM di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Kelompok ini berjumlah lima mahasiswa dengan dosen pembimbing lapangan yaitu Dr. Fauzik Lendriyono, S.Sos., M.Si. 

Kegiatan PMM hari pertama telah dimulai pada Jumat (23/07) dengan agenda persiapan seperti rapat koordinasi anggota dan persiapan teknis. Pembukaan kegiatan PMM dilaksanakan pada Senin (26/07) sekaligus koordinasi dengan Perangkat Desa Landungsari. Menurut Bapak Asyarul Khakim selaku Kepala Desa Landungsari, kehadiran Kelompok 49 di Desa Landungsari dengan programnya sudah bagus dengan situasi peningkatan kasus Covid-19 di Desa Landungsari. Bapak Asyarul juga berpesan untuk melakukan program yang tidak melibatkan warga secara langsung mengingat masih dalam situasi pandemi dan PPKM.

Setelah berkoordinasi, kegiatan langsung dilanjutkan dengan pembagian 100 buah masker dan 10 buah hand sanitizer di depan Kantor Desa Landungsari Jl. Tirto Utomo. Masker dan hand sanitizer diberikan kepada warga yang melintas, terutama kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker. Nantinya pembagian ini akan dilakukan secara bertahap dengan meluaskan area dan target pembagian. Hal ini dilakukan untuk mencapai  target yang diinginkan yaitu terjadinya perubahan perilaku pada warga Desa Landungsari di masa pandemi Covid-19.

Proses pembagian masker kepada warga yang melintas/dokpri
Proses pembagian masker kepada warga yang melintas/dokpri

"Tujuan dari program kami adalah agar warga Desa Landungsari bisa menerapkan protokol kesehatan dengan sebaik mungkin sehingga terjadinya perubahan perilaku di masa pandemi ini. Serta kami juga ingin berpartisipasi langsung terhadap penanganan Covid-19 yang ada di Desa Landungsari dengan pembagian masker dan hand sanitizer. Harapan kami semoga seluruh program yang telah kami rancang bisa terjalani dengan sebaik mungkin dan membantu menurunkan angka kasus Covid-19 di Desa Landungsari.", ujar Akbar Raidandi selaku koordinator dari Kelompok 49 Gelombang 11.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN