Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pesawat Ampibi Terbesar Dunia AG600 Buatan Tiongkok

26 November 2022   09:19 Diperbarui: 26 November 2022   09:36 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: eurasiantimes.com

AG600, juga dikenal sebagai TA-600, adalah pesawat amfibi terbesar di dunia yang dikembangkan oleh produsen pesawat Tiongkok, Aviation Industry Corporation of China (AVIC). Pesawat ini ditujukan untuk misi pemadaman kebakaran hutan, pemantauan laut, penyelamatan laut, dan penyelamatan. 

Prototipe pertama AG600 diluncurkan pada Juli 2016 dari fasilitas produksi yang berlokasi di Zhuhai di Provinsi Guangdong Tiongkok Selatan. Penerbangan pertama AG600 selesai pada akhir 2016.

Lebih dari 150 perusahaan dan institusi di seluruh Tiongkok, dan lebih dari 100.000 peneliti ilmiah dari lebih dari sepuluh universitas berpartisipasi dalam pengembangan pesawat ampibi AG600 ini.

Pembuatan pesawat besar adalah proyek sistem besar yang membutuhkan dukungan sistem industri yang lengkap dan kuat di suatu negara. Pengembangan AG600 adalah proyek sistem yang kompleks. Ini adalah inovasi independen lintas industri dan bidang dari Tongkok.

Peralatan penyelamatan darurat skala besar adalah celah kekurangan yang sangat dibutuhkan Tiongko. AG600, yang dapat lepas landas dan mendarat di darat dan air, dapat menyedot 12ton air dalam waktu 20 detik, dan area pemadam kebakaran melebihi 4.000 m2 pada suatu waktu.

Harus dapat menyelamatkan hingga 50 orang dalam kesulitan sekaligus, sepuluh kali lebih cepat daripada kapal penyelamat.

Sebelumnya, Rusia dan Jepang yang memiliki pesawat amfibi besar di dunia, semuanya telah menyelesaikan penelitian dan pengembangannya di bawah kepemimpinan departemen pertahanan.

Latar belakang peralatan penerbangan skala besar, persaingan menjadi kekuatan nasional Tiongkok. Dengan akumulasi 60 tahun di industri penerbangan Tiongkok, hanya butuh dua tahun bagi AG600 untuk beralih dari perakitan akhir ke penerbangan pertama.

Orang-orang muda Tiongkok telah mengambil alih proses utama, dan personel peralatan harus memastikan bahwa setiap antarmuka dilapisi dengan lem/cat tahan air khusus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun