Mohon tunggu...
Mas Nuz
Mas Nuz Mohon Tunggu...

Suka maka, suka jalan, suka nulis, suka bercengkerama, suka keluarga. __::Twitter: @nuzululpunya __::IG: @nuzulularifin __::FB: nuzulul.arifin __::email: zulfahkomunika@gmail.com __::www.nuzulul.my.id::

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Ajinomoto Pemilik Sejati Rasa Umami yang Aman dan Halal

8 Maret 2017   22:00 Diperbarui: 10 Maret 2017   21:55 1347 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ajinomoto Pemilik Sejati Rasa Umami yang Aman dan Halal
Aneka produk dari PT. Ajinomoto Indonesia. (dokpri)

Rasa Umami


“Lho, ini kecap kok dipakai untuk merebus ayam sih, Bi?” Terlihat wajah keheranan isteri saya.

“Ssstt...itu bukan kecap biasa, Mi,” jawab saya santai.

“Oh, saus tiram Saori. Tapi apa enak dibuat campuran merebus ayam?” Sambil memutar-mutar botol yang isinya tinggal setengah. Masih saja wajah kekasih saya ini penuh tanya.

“Nah, inilah bedanya saus tiram Saori dengan saus atau kecap lainnya,” dengan penuh semangat, saya pun bercerita panjang lebar.

Memang sejak kunjungan saya di Pabrik PT. Ajinomoto Indonesia Mojokerto,  membuat wawasan saya bertambah. Semangat saya untuk memasak pun semakin menyala. Banyak ilmu yang diperoleh dalam kunjungan singkat tersebut. Keberanian untuk melakukan percobaan-percobaan tidak biasa pun saya lakukan. Resep-resep ‘aneh’ kini menjadi suguhan sedap yang selalu dinantikan isteri saya.

Sebagaimana siang ini saat saya membuat Ayam Goreng Jawa. Dengan bumbu-bumbu sederhana ditambah aneka bumbu pilihan dari Ajinomoto, jadilah masakan yang yummy. 5 potong kepala ayam potong seharga Rp. 5.000,- menjadi bahan utama. 2 potong kecil kunyit, jintan dan ketumbar secukupnya, garam dan gula pasir secukupnya, 1 sachet kecap manis, 2 buah cabe rawit, ditambah dengan 2 lembar daun salam, serta satu lembar daun (muda) jeruk nipis. Jangan ketinggalan saus tiram Saori, Masako rasa daging sapi, umami seasoning Ajinomoto, dan 1 sachet saus oriental Saori. Total bahan dan bumbu yang tak lebih dari Rp. 12.500,-.

Cara memasaknya pun cukup praktis. Uleg seluruh bumbu yang sudah disiapkan. Khusus untuk daun salam dan daun jeruk nipis, tetap dibiarkan berupa lembaran. Kemudian siapkan rebus air sekitar 300 cc. bersamaan dengan kepala ayam yang sudah dibersihkan. Setelah air mendidih, tambahkan 1 sendok makan saus tiram Saori, 1 sachet Masako, dan ½ sendok umami seasoning Ajonomoto, 1/2 sachet kecap manis, ¼ sendok makan gula pasir, dan sedikit garam. Setelah daging kepala ayam dirasa cukup empuk (sekitar 10-15 menit setelah air mendidih), maka angkat dan tiriskan.

Siapkan penggorengan dengan minyak atau mentega secukupnya. Setelah cukup panas, masukkan semua kepala ayam. Kemudian tambahkan ½ sachet kecap manis dan ½ sachet saus oriental Saori. Aduk sampai merata di seluruh permukaan kepala ayam. Setelah dirasa cukup matang disila untuk mengangkat. Kepala ayam bisa disajikan kering, maupun basah. Cukup mudah bukan?

Bila dirasa kurang mantap dan kurang nyus, boleh ditambahkan dengan Sambal Kecap Saori. Bahannyapun tak jauh-jauh dari produk Ajinomoto. Saus tiram Saori, 1 sachet kecap manis, 5 buah cabe rawit, ¼ sendok makan umami seasoning Ajinomoto, ¼ sendok makan gula pasir, 1 siung bawang putih, 3 siuang bawang merah. Campur dan uleg seluruh bahan, kecuali kecap dan saus yang dituangkan setelah semua bahan diuleg.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN