Olahraga elektronik, atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama esports, telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini menarik minat banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Artikel ini akan mengenalkan konsep esports kepada pembaca dan menjelaskan perkembangannya yang pesat.
E-sports (electronic sport) adalah bentuk kompetisi olahraga yang menggunakan permainan video. Pemain-pemainnya berkompetisi di dalam turnamen online atau offline dan memiliki kesempatan untuk memperoleh penghargaan, sponsor, dan pendapatan melalui hadiah tunai, kontrak sponsor, dan iklan. Esports telah menjadi sangat populer dan menarik jutaan penonton melalui streaming online. Sama seperti olahraga tradisional, pertandingan esports juga memiliki berbagai nomor, mulai dari perorangan hingga beregu atau tim.
Perkembangan esports di Indonesia dimulai sejak awal tahun 2000-an, meskipun saat itu masih dalam skala turnamen kecil yang diadakan oleh komunitas game. Esports mulai ramai pada tahun 2011-2014 ketika turnamen-turnamen tersebut mulai menarik perhatian dari para pengembang game, yang kemudian menciptakan turnamen yang lebih menjanjikan. Perkembangan esports tidak berhenti di situ saja, karena pertandingan esports yang pada awalnya hanya menggunakan perangkat komputer, sekarang juga merambah ke perangkat ponsel.Â
Pada tahun 2017, tercatat lebih dari 5 event esports tingkat nasional di Indonesia. Bahkan pada Asian Games 2018, esports dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga percobaan dan terbukti berhasil menarik banyak penggemar.
Selama pandemi Covid-19, popularitas esports semakin meningkat. Masyarakat yang melakukan isolasi mandiri mencari hiburan dengan bermain game. Perkembangan Esports di Indonesia sangat baik bahkan saat perhelatan Sea Games di Kamboja pada tahun 2023 lalu, Indonesia berhasil meraih 6 medali dari 7 nomor yang diperlombakan.
Perkembangan esports dalam 10 tahun terakhir tidak lepas dari banyak faktor. Salah satu faktor yang mendorong perkembangan esports adalah adanya banyak streamer game yang menjadi tontonan populer di media. Selain itu, dukungan pemerintah juga memainkan peran penting dalam mendorong para pemuda untuk berprestasi dalam bidang ini.Â
Esports juga memiliki dampak positif pada berbagai sektor, termasuk pembukaan lapangan kerja. Siapa yang menyangka bahwa bermain game bisa menjadi sumber penghasilan? Selain menjadi pemain profesional, kini ada juga berbagai posisi manajemen, pelatih, bahkan pelatih kebugaran fisik dan mental dalam industri esports. Event-event esports juga dapat mengundang masyarakat untuk berpariwisata, tergantung dari lokasi acara yang diadakan.
Masa depan esports di Indonesia sangat menjanjikan, dengan pertumbuhan komunitas dan basis penggemar yang terus berkembang. Dukungan dan investasi dalam infrastruktur esports diperkirakan akan meningkat, menciptakan peluang yang lebih baik bagi pemain, tim, dan penyelenggara turnamen untuk berkembang dan berprestasi. Selain itu, Indonesia juga memiliki potensi untuk meningkatkan prestasi dan partisipasi dalam kompetisi esports internasional, yang dapat memberikan pengakuan global dan memotivasi generasi muda untuk terlibat dalam esports.Â
Dukungan dari pemerintah dan institusi pendidikan juga diharapkan semakin meningkat, dengan adanya program dan inisiatif yang mendukung esport sebagai bagian dari pendidikan dan pengembangan olahraga.Â
Perkembangan teknologi streaming dan media online juga akan berperan penting dalam meningkatkan visibilitas esport di Indonesia, menjangkau lebih banyak penonton, dan menciptakan kesempatan bagi pemain untuk membangun basis penggemar yang lebih besar. Secara keseluruhan, masa depan esports di Indonesia menawarkan peluang yang menarik untuk pertumbuhan industri, pengembangan karier, serta kontribusi positif terhadap ekonomi dan olahraga di tanah air.
Esports telah menjadi fenomena global yang menarik minat jutaan orang di seluruh dunia tidak terkecuali dengan Indonesia. Diharapkan dengan besarnya minat dan adanya dukungan dari pemerintah semoga anak anak muda bisa lebih menyalurkan hobinya dalam bermain games tidak hanya untuk kesenangan tetapi juga untuk unjuk bakat prestasinya dalam bidang olahraga elektronik