Mohon tunggu...
Maini Yarsi.B
Maini Yarsi.B Mohon Tunggu... Guru - Guru

perumahan BMS B.20 Desa Santur

Selanjutnya

Tutup

Kurma

What is Sound of Borobudur?

11 Mei 2021   08:30 Diperbarui: 11 Mei 2021   08:31 705
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Sudah tahukah anda dengan Sound of Borobudur? Saya baru tahu juga soalnya, jadi saya belum bisa jawab dengan pasti.Untuk mengetahuinya silahkan baca di blog SoundofBorobudur.org ya!.Setelah saya membaca barulah saya mulai memahaminya,mungkin karena saya juga kurang informasi dan kurang membaca tentang ini.Sebnarnya saya belum sepenuhnya mengetahuinya ,karena saya juga belum pernah ke candi Borobudur tersebut.

Candi Borobudur yang saya ketahui selama ini, adalah sebuah prasasti budaya dari zaman kerajaan hindu dan budha.Bentuknya bagus dan arsitekturnya yang sangat luar biasa sehingga menjadi salah satu keajaiban dunia.Letak candi Borobudur ini di Magelang Jawa tengah. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut tentang struktur bangunan dapat di lihat pada link berikut https://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur.

Saya mengikuti event kompasiana, untuk menulis sebuah artikel tentang "Sound of Borobudur"dengan panduan yang ada ,Setelah saya baca  soundofborobudur.Barulah saya memahami  maksud dari Sound of Borobudur .Saya mengapresiasi sekali kelompok musisi yang ingin mengangkat kembali budaya music di Indonesia.Agar semua warga Indonesia khususnya mengetahui bahwa pada candi tersebut tidak hanya sekedar patung dan kumpulan batu-batu yang tersusun dengan rapi.Tetapi juga banyak mengandung nilai seni dan budaya yang tinggi.

Saya menyadari sekali, meskipun saya belum pernah berkunjung ke candi Borobudur ini,Namun saya bangga pada orang yang mau merevitalisakan budaya music yang ada pada zaman dahulu, dan mengaktualisasikan kembali pada masa sekarang.Hal ini sangat bagus,agar generasi sekarang dapat lebih memahami nilai seni dan budaya bangsa Indonesia sejak zaman dahulu.

Dari relief-relief yang tergambar membuktikan bahwa bangsa Indonesia, memilki nilai seni yang cukup tinggi.Dapat membangun candi yang megah dan unik itu saja sudah menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki kecerdasan sejak zaman dahulu.Apalagi Candi ini sebagai salah satu keajaiban dunia,dan merupakan objek wisata mancanegara yang merupakan asset local yang dapat dilestarikan terus-menerus.

Dengan merevitalisasi dan merekonstruksi kembali asset seni music yang ada pada candi Borobudur dapat meningkatkan nilai seni dan budaya Bangsa Indonesia di mata dunia.Jika penampilan mereka semakin bagus tentunya akan mnambah daya tarik wisata untuk  datang ke Indonesia guna  mempelajarinya.Karena Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat beranekaragam ,terutama dalam  seni dan budaya.

Oleh karena itu pengkajian lebih jauh lagi dapat di usahakan dengan mempelajari terus bagaimana penggunaan music tersebut pada zamnnya ,menampilkan penyajian yang unik dan khas daerah,dalam memainkannya, serta menyelaskan dengan irama dan nada, tentunya akan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk langsung  menyaksikan dan mendengarkannya.

Sound of Borobudur merupakan ide anak bangsa yang pantas mendapatkan penghargaan  dari pemerintah,karena dapat melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia.Meskipun saya tidak pernah pergi ke Borobudur bukan bearti saya tidak menyukai karya anak bangsa,tetapi kesempatan belum ada.Suatu hari nanti saya akan menyaksikan langsung prasasti candi Borobudur ini.Saya ingin melihat langsung dari dekat karya seni orang zaman kerajaan yang istimewa serta luar biasa ini.

Saya hanya bisa menulis apa adanya saja,namun saya memahami maksud dan tujuan Sound of Borobudur ini sebagai salah satu upaya mengangkat nilai seni music tradisional dari berbagai daerah di Indonesia yang terpapar pada dinding candi Borobudur.Mereka ingin merevitalisasikan kembali kearifan local Bangsa Indonesia dengan cara mengampanyekan nilai-nilai seni music yang terdapat pada candi Borobudur tersebut.Mengangkat budaya dan martabat bangsa, menjunjung tinggi nilai budaya.Demi mencapai kehormatan bangsa Indonesia di mata dunia.

Semoga segala upaya yang dilakukan oleh kelompok Sound of Borobudur, dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil sesuai dengan harapan kita semua.Tetap berusaha dengan maksimal dengan segala potensi yang ada kembangkan seni musik khas Indonesia yang mendunia.Salam

                                                                                                                                                                                                                                     Sawahlunto, 11 Mai 2021

                                                                                                                                                                                                                                        Maini Yarsi.B

.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun