Mohon tunggu...
Maini Yarsi.B
Maini Yarsi.B Mohon Tunggu... Guru

perumahan BMS B.20 Desa Santur

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Penuhkan Celengan Amal di bulan Ramadhan

18 April 2021   09:02 Diperbarui: 18 April 2021   09:12 456 5 0 Mohon Tunggu...

Bulan suci ramdahan, merupakan bulan untuk menabung amalan dan pahala, karena pada bulan Ramdhan setiap amalan yang kita lakukan akan mendapatkan pahala dan ganjaran yang berlipat dari Allah SWT jika meklasanaknnya dengan aturan atu sunnah rasulullah SAW. Oleh karena itu aktivitas ibadah di bulan ramdahan hendaknya lebih kita  ditingkatkan lagi  dari hari biasa.Agar tabungan atau celengan amal kita semakin banyak dan kita akan mendapatkan hadiah terbaik dari Allah SWT yaitu Syurga.

Kebahagian di syurga tidak dapat kita bandingkan dengan kehidupan di dunia ini. Namun untuk memperolehnya kita harus siap untuk menjalankan dan melaksanakan aturan dalam beribadah padaNya.

Puasa di bulan Ramadhan sesungguhnya untuk Allah SWT, berbeda dengan ibadah lainnya sebagaimana Hadits di bawah ini.

Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam  bersabda,

"Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan, satu kebaikan dibalas sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Allah ta'ala berfirman, 'Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, sebab orang yang berpuasa itu telah meninggalkan syahwatnya dan makanannya karena Aku'. Dan bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu Rabb-Nya. Dan sungguh, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari aroma kasturi." [HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu]

Prinsip puasa itu menahan hawa nafsu dan makanan karena Allah.Kita berpuasa dengan tujuan melatih diri agar tidak boros dalam berbelanja, karena pola  makan kita  sudah di atur. Begitu juga kita harus menahan semua keinginan yang kurang bermanfaat. Agar kita tidak boros dalam memanfaatkan keuangan. Beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam mengatur keuanga selama Ramdahan adalah :

1. Memperbanyak sedekah

Sebaiknya pada bulan puasa ini kita dapat  meningkatkan sedekah kita sebagai tabungan amal Uang yang akan kita belanjakan dapat kita sisihkan untuk tabungan amal lebih banyak lagi.

Bersedekah merpakan amalan sunah saat ramadhan yang  mendatangkan ladang pahala . Seperti yang diceritakan Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma dalam sebuah hadist shahih berikut ini. Kebiasaan  Rasulullah untuk bersedekah  semakin meningkat di bulan Ramadan hingga diibaratkan layaknya angin yang berhembus.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling dermawan dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan ,apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan, dia bertadarus Alquran bersamanya. Maka, Rasulullah sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus." (H.R. Bukhari No. 3220).

Bersedekah, tidak mengahbiskan hart akita, tapi justru akn menambah tabungan kita. Allah akan mengganti dengan yang lebih banyak dengan syarat kita iklhas memberi karena Allah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x