Mohon tunggu...
Maidil Laili
Maidil Laili Mohon Tunggu... Guru - guru

suka membaca dan travelling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice lk. 3.1

29 September 2022   04:07 Diperbarui: 29 September 2022   04:09 487
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

https://drive.google.com/file/d/18PHkDy2RK03v0Om2j0OXTqFDDhTVlnhO/view?usp=sharing

Lokasi     MTsN 7 Solok

Lingkup Pendidikan     Fase D (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama)

Tujuan yang ingin dicapai    Meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan model PjBL dalam materi prosedur text pada siswa kelas VIII

Penulis     Maidil Laili

Tanggal     9 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Berbagai perubahan paradigm pendidikan telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud RI dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang muaranya pada peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, berbagai inovasi diadopsi dan diadaptasi dalam pendidikan di Indonesia. 

Dalam penerapan K-13 dan kurikulum merdeka, guru diharapkan mengakomodasi konsep-konsep Pembelajaran Abad 21, pengembangan kegiatan pembelajaran yang mampu mengantarkan peserta didik untuk mencapai Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS), membiasakan siswa dalam kegiatan membaca dan menulis melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pemilihan metode pembelajaran yang mampu menekankan pada Students Centered Learning (SCL). Semua ini diharapkan terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran.

Dalam pengembangan Kurikulum saat ini, pembelajaran mengadopsi 3 konsep pendidikan yaitu pengembangan Keterampilan Pembelajaran Abad 21 (21st Century Learning Skills) (Trilling & Fadel, 2009), Scientific Approach (Dyer, et al., 2009), dan Penilaian Otentik (Authentic Assessment (Wiggins & McTighe, 2011). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun