Mohon tunggu...
Maich
Maich Mohon Tunggu... Editor - IG :@maichel_kabak

Bukan Penulis Tapi Suka Menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Asrama Pdt. S Liborang Bagai Laboratorium

1 Oktober 2022   15:51 Diperbarui: 1 Oktober 2022   15:57 123 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
FOTO : Fekinus Pabianggen (Nare Humy)

1. Latar Belakang Asrama Liborang 

Aslib : Asrama Pdt. Silas Liborang, Atau sering dikenal dengan nama Aslib, yang berada, tepat di Jalan Kalibobo Padang Bulan Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura Papua.

Nama daripada asrama ini yaitu (Pdt. Silas Liborang) Itu diambil dari Nama salah satu pendeta, yang juga Merupakan bendahara pertama Sinode di Tanah papua, di era kepemimpinan Ketua Sinode pertama pada tahun 1956 yaitu Filep Jakop Spener Rumainum (F.J.S Rumainum), Asrama Pdt. S. Liborang Dibangun Sekitar Tahun 60-an.

2. Pengenalan Lingkungan dan juga Fasilitas Asrama Liborang 

Asrama ini dibangun oleh badan pekerja sinode di tanah Papua, Yang Memimpin di kala itu, asrama Liborang Dibangun dengan tujuan bahwa, bagi para mahasiswa GKI yang asalnya dari pedalaman di antaranya Yahukimo, Yalimo, Wamena dan Mamberamo Raya, bisa menghuni dan melanjutkan studi.  sudah banyak orang yang pernah tinggal di asrama tersebut, sudah menduduki kursi hangat Yaitu Legislatif dan juga Eksekutif di pemerintahan yang Ada Di  kabupaten masing-masing.

Bukan saja Dulu Namun, hingga sampai saat ini masih Terus melahirkan SDM yang Sangat Luar biasa. Fasilitas yang tersedia di asrama, bisa dibilang sangat cukup untuk dapat menunjang parah penghuni yang ada Di asrama Liborang. Dalam Kehidupan asrama banyak pengurus yang sudah dilalui, dan pada saat Penulisan ini dilakukan yaitu Tahun 2022 dipimpin oleh Titus Ilintamon yang terpilih  pada Tahun 2021 Yang lalu.

di Asrama Liborang juga terdapat 3 Gedung, Yaitu 1 Gedung Induk, Yang Dibangun Pertama, 2 Gedung diantaranya, Gedung 1 Dibangun Oleh pemerintah kota Jayapura, sedangkan gedung ke-2 dibangun oleh pemerintah Kabupaten Yahukimo, Dari 3 gedung dilengkapi dengan 2 Ruangan Aula, 3 Kamar Mandi, satu Bak Tampungan air, dan juga ada sebanyak 39 Kamar dari seluruh gedung. Hingga Sampai sekarang mahasiswa yang ada di asrama adalah kira-kira sebanyak kurang lebih Tiga ratusan. semenjak asrama dibangun tidak pernah ada perehaban, walau dibangun ke-dua gedung lainnya, namun untuk gedung induk tidak ada, hingga pada tahun 2018 tepat bulan Desember, pemerintah Yalimo memberikan respon positif, terhadap permohonan dari Badan Pengurus pada masa itu, bahwa mereka merenovasi gedung utama Asrama, dan saat itulah asrama direhabilitasi dengan sangat baik dan sangat layak, Kamar mandi yang dulunya Rusak diperbaiki, dan juga kerusakan vatal diperbaiki selayaknya.

Baca juga: Kata-Kata Bijak

Selain Memiliki fasilitas yang baik, asrama juga, memiliki halaman yang Cukup luas dan tumbuhan yang terlihat indah, berbagai macam Jenis tumbuhan entah itu Buah buahan maupun tanaman bunga. Di gedung induk yang berbentuk segiempat terdapat taman yang sangat indah, yang dilengkapi dengan tanaman rumput kuda. Gedung aula juga terdapat di gedung induk yang kemudian, Aula itu digunakan dalam kegiatan dari Asrama, Maupun dari organisasi luar.

3. Kehidupan di Asrama Liborang

Kehidupan di asrama memang bisa dapat di bilang diperhadapkan dengan neraka dunia, karena Banyak sekali pengalaman yang didapati dalam kehidupan asrama,  Jika masuk di asrama rintangan kehidupan tidak, menyamai dengan kehidupan di Rumah sendiri, kendati demikian kami menikmati, rintangan itu dengan lapang dada. Banyak cerita unik yang didapati dalam kehidupan asrama. Kemandirian akan kehidupan dapat di bentuk dalam kehidupan di asrama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan