Mohon tunggu...
Mahlia Jumaidar
Mahlia Jumaidar Mohon Tunggu... Mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

Kita bukan hanya umat membaca tapi juga umat menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tetap Bergerak Walau Sendiri

31 Mei 2020   23:05 Diperbarui: 1 Juni 2020   00:11 83 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tetap Bergerak Walau Sendiri
7188f3774391817d73e43494e9ef17ca-5ed3d47fd541df06181d4db2.jpg


Kita akan mudah bergerak ketika berjamaah atau berada dalam lingkup organisasi yang terstruktur dan mempunyai tujuan. 

Mudah menebar manfaat untuk orang lain karena kita berada dalam satu ikatan yang sama, bergandengan tangan dan saling menyemangati dalam berbuat kebaikan. 

Ketika kita lemah, kita masih punya teman yang terus menyemangati kita dengan berbagai motivasi atau hanya sekedar melihat semangat mereka saja ketika berjuang, kita juga ikut semangat. 

Ketika berjamaah teman-teman kita senantiasa membantu kita menghadapi kesulitan. Bahkan kobaran api untuk menebar kebaikan terpancar pada diri kita, semangat yang menggebu-gebu, tidak gentar terhadap siapapun, tidak perduli dengan ancaman apapun, yang penting kebaikan terus disuarakan begitulah besarnya ambisi kita ketika kita bersama jamaah. 

Namun, berbeda cerita ketika kita sendiri, ketika kita menyepi dari orbit jamaah. Mungkin kita akan merasa lemah, menebar kebaikan seakan sulit karena tak bersama teman-teman kita, menyuarakan keadilan terkadang gentar karena takut tak ada yang membela kita, akhirnya kita jadi malas bergerak dan diam membisu.  

Terkadang ketika kita berada dalam jamaah sekalipun, ada masa di mana kita menghabiskan waktu sendirian, seperti bekerja, menuntut ilmu di suatu tempat yang jauh, perbedaan geografis dengan teman dan saudara seperjuangan. Beberapa keadaan tersebut tetap menuntut kita berbuat kebaikan, menyuarakan kebenaran dan menegakkan keadilan. Karena kebaikan harus tetap disuarakan dimanapun dan kapanpun, bahkan ketika kondisi terhimpit sekalipun. 

Batin orang-orang baik akan tersiksa ketika melihat kejahatan yang memimpin. Batin orang-orang baik akan terisak ketika melihat kezhaliman dimana-dimana. Karena kita orang baik, maka teruskanlah perjuangan untuk membumikan kebaikan walaupun kita sendirian. Mungkin kesendirian akan membuat kita lemah, tetapi jika kita tidak bergerak kita akan menjadi semakin lemah dan nafsu akan menguasai diri kita.

Bergeraklah ! Tebarlah kebaikan sekecil apapun, kita tidak tahu kebaikan mana yang akan membawa kita ke surga. Bergeraklah! Seperti air  yang mengalir karena air yang tenang akan membusuk. Jangan pernah biarkan kejahatan memimpin, teruslah bergerak karena yang haq akan menang dan yang bathil akan musnah.

VIDEO PILIHAN