Mohon tunggu...
Mahendra Paripurna
Mahendra Paripurna Mohon Tunggu... Administrasi - Berkarya di Swasta

Pekerja Penyuka Tulis Baca, Pecinta Jalan Kaki dan Transportasi Umum yang Mencoba Menatap Langit

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Lelaki yang Menyelipkan Gunting di Balik Bukunya

13 November 2020   16:29 Diperbarui: 13 November 2020   20:00 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pak Rus, sebut saja begitu. Seperti biasa orang-orang memanggil lelaki itu. Aku sendiri tidak begitu hapal nama lengkapnya. Konon menurut Ibu, ia memiliki nama panjang yang pemiliknya sendiri sampai lupa apa nama belakangnya tersebut. Itu sebabnya ia hanya ingin orang memanggilnya Pak Rus.

Pak Rus adalah guru honorer di sekolahku. Ia mengajar Matematika. Walaupun menurutku ia lebih cocok menjadi guru bahasa Indonesia. Kau tahu mengapa aku berfikir seperti itu. Karena aku tahu ia sangat suka sekali menulis puisi. Aku sering sekali menemukan puisinya di dalam laci meja tempat duduknya. Saking seringnya. Aku sempat berfikir puisi itu memang dibuat untukku. Seperti puisi yang kutemukan pagi ini dalam kondisi yang sudah lecek seperti habis diremas-remas oleh tangannya.

Saat embun pagi menitipkan beningnya pada hijau dedaunan

Kutahu awan mendung kan membawa barisan rintik hujan

Sebagai pertanda turunnya butiran-butiran cinta dari langit

Pada tanah kering yang dahaga karena terik mentari yang panas menggigit

Aku sempat tertawa membacanya. Puisi ngaco. Mana ada hujan. Matahari pagi saja baru mulai muncul dengan cerahnya. Tak ada awan hujan sedikipun di langit. Mengapa pula ia menulis puisi seperti itu.

Tapi kemudian aku menyadari sesuatu. Puisi yang dibuatnya ternyata adalah sebuah ramalan tentang peristiwa yang akan datang. Tak berapa lama setelah aku membacanya. Langit mendadak tertutup awan mendung. Kemudian hujan mulai turun dan menderas. Bulu kuduk sempat merinding jika mengingat hal ini.

*****

Pak Rus termasuk guru yang disayang oleh murid-muridnya. Pelajaran matematika sesulit apapun dapat ia terjemahkan dalam rumus dan bahasa yang mudah dipahami. Ia selalu terlihat ceria saat mengajar walaupun aku tahu ada sesuatu yang ia pendam di lubuk hatinya.

Aku pernah melihat ia duduk termenung seorang diri saat ruangan kelas sedang kosong. Raut wajah yang tak pernah kulihat sebelumnya. Sepertinya ada beban berat yang menggelayuti pikirannya.

Ia mengeluarkan sebuah buku dari tasnya. Aku hafal sekali itu adalah lembar kertas yang sama dengan lembar puisi yang biasa aku temukan di balik laci karena terlihat ada gambar hati berwarna merah di sudut kiri bawahnya. Dan dari dalam lembaran buku tersebut ia mengeluarkan sebuah gunting yang kulihat kilatannya sebagai penanda tajamnya benda tersebut. Gunting itu yang biasanya ia gunakan untuk memotong lembaran kertas untuk menuliskan bait puisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun