Mohon tunggu...
Mika Redi Natan
Mika Redi Natan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mika Redi Natan umur 22 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang program studi Manajemen angkatan 21. Saya memiliki hobi menulis artikel dan memikili cita cita ingin menjadi pengusaha.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan PMM UMM yang Menerapan Strategi dengan Mengandalkan Perkembangan Teknologi di CV. Cahaya Putra Sentosa

20 Maret 2024   00:35 Diperbarui: 26 Maret 2024   21:10 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).  Pada era revolusi industri 4.0 perusahaan dipaksakan untuk menggunakan strategi pengelolaan dengan mengandalkan perkembangan teknologi. Pada program PMM kel 45 gel 2 ini, kami melakukan pengedukasian tentang revolusi industri 4.0 dan perkembangan teknologi kepada pelaku usaha UMKM yaitu CV. Cahaya Putra Sentosa yang terletak di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

Pada program ini kami menargetkan kepada pelaku UMKM untuk menerapkan perkembangan teknologi yang membludak di era saat ini. Perkembangan teknologi tersebut contohnya seperti pada pemasaran dan penjualan produk. Pada kegiatan ini kami melakukan edukasi tentang melakukan pemasaran menggunakan media digital yang biasa disebut sebagai digital marketing. Digital marketing nanti akan disebar luaskan untuk memperluas pemahaman merek bagi para calon konsumen. Kami juga membukakan akun media sosial seperti instagram dan tiktok untuk mempublikasikan konten digital marketing tersebut.

Digital marketing sangatlah penting untuk citra merek perusahaan. Digital marketing sendiri harus memiliki unsur estetika dan elegan agar tampak menarik dan unik sehingga dapat menarik calon konsumen untuk mengenal merek perusahanan. Pada kegiatan selanjutnya, kami mengedukasi tentang e-commerce yaitu shopee. E-commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik.

Kegiatan kami melakukan pembuatan e-commerce untuk CV. Cahaya Putra Sentosa. Selanjutnya kami mengedukasi tentang cara penggunaan dan cara menjual produk di e-commerce. E-commerce bermanfaat untuk memperluas target pasar yang dituju dan dapat meningkatkan tingkat penjualan produk perusahaan.

Dengan demikian, perusahaan yang menerapkan dengan tren yang terbaru seperti memanfaatkan perkembangan teknologi, perusahaan dapat bersaing dengan pasar pesaing lain. Perusahaan juga dapat meningkatkan citra merek dan nilai jual produk. Perusahaan juga dapat beroperasi lebih efisien dan efektif dengan mengandalkan perkembangan teknologi masa kini

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun