Mohon tunggu...
Maharani Rifdu Hamida
Maharani Rifdu Hamida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Mahasiswi program studi psikologi dengan peminatan klinis dan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"Hari Ini Aku Senang!" Belajar Emosi Dasar Bersama Mahasiswa KKN Undip 2023

7 Agustus 2023   22:31 Diperbarui: 7 Agustus 2023   22:40 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa mengenalkan emosi dasar pada anak-anak KB Mutiara Umat Desa Tonggara didampingi pengajar | Dokumentasi Pribadi

Kabupaten Tegal (27/07/2023) ‒ Dalam masa tumbuh kembang anak, terdapat periode penting yang disebut dengan golden age (0-5 tahun) di mana tumbuh kembang anak akan berkembang pesat. Aspek-aspek yang bertumbuh kembang diantaranya yaitu fisik motorik, kognitif, sosial emosional, seni, bahasa, juga moral dan agama. Termasuk pada anak-anak di usia prasekolah yang kisaran usianya berada pada 3-6 tahun.

Sejalan dengan upaya memaksimalkan perkembangan aspek sosial emosional pada anak prasekolah, terdapat salah satu tugas perkembangan anak di usia 2-6 tahun yaitu untuk dapat mengekspresikan reaksi dan emosi sesuai dengan keadaan yang ada. Mempertimbangkan hal tersebut, mahasiswa jurusan psikologi yang tergabung dalam KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023 hadir mengisi kelas di salah satu institusi pendidikan prasekolah di Desa Tonggara, Kec. Kedungbanteng, Kab. Tegal, tepatnya di KB Mutiara Umat untuk mengenalkan 6 emosi dasar manusia menurut Paul Ekman.

Mahasiswa menjelaskan macam-macam emosi dasar pada anak-anak KB | Dokumentasi Pribadi
Mahasiswa menjelaskan macam-macam emosi dasar pada anak-anak KB | Dokumentasi Pribadi

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis (27/07) tersebut, mahasiswa membawa alat peraga berupa gambar-gambar wajah seseorang dengan 6 ekspresi emosi dasar yang berbeda menurut Paul Ekman, yaitu ekspresi senang, sedih, marah, takut, jijik, dan terkejut. Mahasiswa mengenalkan emosi-emosi tersebut beserta ekspresi wajah yang muncul dengan memberikan contoh sederhana yang mudah dipahami oleh anak-anak. Setelahnya, mahasiswa mempersilakan anak-anak untuk maju menceritakan perasaan atau emosi apa yang sedang dirasakannya. Dengan memberikan hadiah pada anak yang berani maju ke depan kelas dan bercerita, mahasiswa menggunakan stimulus penguatan positif sehingga tidak sedikit anak yang memberanikan diri untuk maju dan bercerita.

Mahasiswa meminta anak-anak KB maju menceritakan perasaannya dan mengisi jurnal perasaan sederhana | Dokumentasi Pribadi
Mahasiswa meminta anak-anak KB maju menceritakan perasaannya dan mengisi jurnal perasaan sederhana | Dokumentasi Pribadi

Tidak berhenti di situ, mahasiswa kemudian membagikan satu lembar kertas berisi 6 gambar ekspresi emosi dasar dan juga jurnal perasaan sederhana yang dapat anak-anak lingkari untuk menunjukkan perasaannya di hari itu. Gambar-gambar emosi dasar dilengkapi dengan ekspresi versi emotikon yang biasa anak jumpai saat menggunakan ponsel untuk menarik perhatian anak-anak. Anak-anak secara antusias mengisi jurnal tersebut. Anak-anak kelas A mendapat bantuan dari mahasiswa dan pengajar KB untuk menulis nama panggilan mereka di jurnal perasaan, sementara anak-anak kelas B sudah mampu menulis nama mereka sendiri.

Mahasiswa berfoto bersama para guru dan anak-anak KB Mutiara Umat seusai kegiatan | Dokumentasi Pribadi
Mahasiswa berfoto bersama para guru dan anak-anak KB Mutiara Umat seusai kegiatan | Dokumentasi Pribadi

Di sela-sela dan akhir kegiatan, mahasiswa mengajak anak-anak bernyanyi serta bertepuk tangan mengikuti lagu “Kalau Kau Suka Hati” yang masih termasuk dalam pengekspresian salah satu emosi dasar yaitu “senang”. Melalui kegiatan ini, mahasiswa berharap dapat membantu anak-anak KB memahami perasaan atau emosi yang sedang mereka rasakan dan juga mampu mengekspresikannya dengan baik.

Penulis dan Pelaksana: Maharani Rifdu Hamida (Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan:

  1. Dr. Hersugondo, S.E., M.M.
  2. Dr. Drs. Catur Kepirianto, M. Hum.
  3. Ardiana Alifatus Sa’adah, S.Si., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun