Mohon tunggu...
Mohamad AB
Mohamad AB Mohon Tunggu... Karyawan

Menulis untuk bertutur kata...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menjawab Tantangan Daya Saing Model SMK Manuda

18 Februari 2019   12:52 Diperbarui: 18 Februari 2019   20:47 129 1 1 Mohon Tunggu...

Barangkali  bagi manajemen  SMK menjadi sebuah  PR besar  untuk mengelola  SMK di era global seperti ini. Terutama berkaitan dengan daya saing. Karena perkembangan jumlah sekolah makin bertambah namun tidak diiringi dengan naiknya jumlah  peminat SMK  pada umumnya , hal ini menjadi tantangan yang berat  jika tidak disikapi  sejak dini.

Apalagi bagi sekolah yang terbilang baru, seperti  usia sekolah Ma'arif NU 2 (Manuda) Ajibarang  yang baru  menginjak tahun ke-8 ini. Namun berkat kerja keras  segenap  pendidik serta pengelolanya sekolah ini memiliki daya saing yang tinggi. Bukan hanya mengharumkan nama baik Warga Ajibarang saja namun bagi  warga kabupaten Banyumas sekitarnya  bahkan Jawa tengah pada umumnya, karena prestasinya  telah nyata diperhitungkan  di tingkat Provinsi Jawa Tengah, meskipun baru  meraih juara ke 3 Lomba Olimpiade Siswa Farmasi se-Jawa.

Dengan fakta ini membuktikan keberkahan prestasi SMK Manuda ini adalah hasil kerja keras yang nyata sentuhan seluruh civitas akademik sekolah. Meskipun lokasinya di kecamatan Ajibarang namun  levelnya provinsi ,tidak heran jika kiprah dan prestasinya sering mewakili kejuaraan dari kabupaten Banyumas.

Bagaimana resepnya mempertahankan  prestasi  kejuaraan yang telah terukir? Ini bukan masalah mudah, maka berbagai  upaya dilakukan antara lain upaya pembinaan dan pelatihan, pengkaderan , disamping  itu rajin  mengikuti even kejuaraan apapun perlu diikuti  sebagai upaya menjawab  tuntutan prestasi masyarakat. Seperti halnya even Porsema Kabupaten Banyumas yang  16 Februari yang diselenggarakan di Kecamatan Wangon kemarin. Menurut  Kepala SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang, Sodikin, S. T, M. Pd menyatakan , sekolah ini telah mempersembahkan  prestasi kejuaraan degan meraih 11 piala kejuaraan berupa:  Juara 1 = Tenis meja tunggal putra, Tenis meja tunggal putri, Bulutangkis tunggal putri, Juara 2 = Bola voli putra, Bola voli putri, Lari sprint 100 m putri, Tenis meja tunggal putri  ,Juara 3 = Futsal putra, Lari jarak jauh 5km, Catur putri, Puisi religi putri. Ucapan  terimakasih yang setingi tingginya  kepada civitas akademika  dan segenap para pendamping  yang mengantarkan  kejuaraan ini. Sebagai harapan menurut kepala SMK Manuda  agar prestasi ini dapat menular ke penyelenggaraan POPDA  besok.

Sementara menurut Wks Humas SMK Ma'arif NU 2  Ajibarang, Saeful Aziz,S.Pd, beberapa kendalanya  ialah karena  lokasi  jenis lomba yang berjauhan antara satu dengan lainnya seperti yang dirasakan oleh para pendamping masing masing sekolah. Sehingga cukup merepotkan mobilisasinya. Namun dengan semangat dan optimis yang tinggi semua ini tidak menjadi kendala yang  berarti,justru menjadi tantangan yang telah membuahkan hasil kejuaraan. Bahkan antusiasme pendamping menampakan semangatnya yang menyala dari sejak awal  sampai akhir sesi lomba hingga berbuah kemenangan.

Kini masyarakat  sekitar akan lebih mengenal, jika prestasi sekolah ini  ternyata  komplit. Bukan sekedar  prestasi akademik saja yang menjadi andalan ternyata  non akademik juga telah diperhitungkan masyarakat. Terutama dari perolehan kejuaraan ini.

Untuk mengenal lebih jauh, SMK Ma'arif NU2  Ajibarang, memiliki jurusan  favorit yakni Keperawatan, Analis  Kesehatan, Farmasi serta Multimedia. Meskipun  sebagai sekolah muda di lingkungan setempat namun telah dilengkapi berbagi fasilitas pendukungnya, berupa klinik kesehatan Pratama  serta jurusan Multi media yang sudah dilengkapi dengan stasiun TV Tama  daya pancarnya mencapai 10 KM, barangkali satu satunya sekolah yang memiliki TV sendiri di lingkup kabupaten Banyumas. (GungLtbgYPP)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x